Persiapkan Visitasi ADWI 2023 dan Kehadiran Sandiaga Uno, Disparpora Galang Kolaborasi

  • Bagikan
Pertemuan membangun kolaborasi persiapan visitasi dan kedatangan Menteri Sandiaga Uno.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba melakukan langkah-langkah untuk mempersiapkan visitasi Tim penilai dan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Desa Wisata Andalan Lembanna Kecamatan Bontobahari.

Langkah awal yang dilakukan adalah menggalang kolaborasi dengan beberapa pihak atau stakeholder terkait baik di lingkup pemerintah daerah, organisasi mitra pariwisata maupun perbankan dan lembaga lainnya. Pertemuan untuk membangun kolaborasi dilaksanakan Kamis 30 Maret 2023 di Villa Mandala Kawasan Wisata Mandala Ria Desa Lembanna Kabupaten Bulukumba.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga H. Daud Kahal mengkoordinir pertemuan dalam membangun kolaborasi lintas sektor untuk memperkuat dukungan ke Pemerintah Desa, Kelompok Sadar Wisata Andalan, serta masyarakat setempat.

Penguatan peran masing-masing pihak disampaikan kembali oleh Daud Kahal. Ini untuk memenuhi kriteria penilaian yang meliputi kelembagaan, daya tarik pengunjung, home stay dan toilet, souvernir, digital dan kreatif, serta kelembagaan desa wisata dan CHSE.

Desa Wisata Andalan masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) setelah melewati tahapan seleksi ADWI 2023. Proses masuknya Desa Wisata Andalan Lembanna benar-benar penuh perjuangan. Dari 500 besar, selanjutnya lolos 300 besar dan akhirnya finish di 75 besar. Dalam proses awal ADWI 2023 terdaftar lebih dari 4500 desa wisata yang ikut dinilai dari seluruh Indonesia.

"Kami patut bersyukur bahwa Kabupaten Bulukumba kembali menorehkan prestasi di ajang ADWI, setelah sebelumnya di tahun 2021 Desa Wisata Ara mampu tembus 50 besar dan meraih kategori terbaik desa wisata berkembang. Kami optimistis dukungan dan kolaborasi dapat dioptimalkan. Apalagi Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba sangat mensupport selama ini, tutur Daud Kahal.

Dalam pertemuan tersebut selain dihadiri pejabat dari Organisasi Perangkat Daerah terkait, juga beberapa pihak diantaranya Kepala Cabang Bank Sulselbar Rio Subagyo, Kabag Pemerintahan Thayeb Maningkasi, Camat Bontobahari A. Syamsir Patunru, Kades Lembanna Asfar, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Andalan Abd. Gaffar, Ketua DPC Masata, H. Safiuddin, Ketua GenPi A. Aryono, Ketua HPI Islamul Kautsar, dan Pengurus PHRI M.Arsyad. (rls)

  • Bagikan