Dispar Ikuti Bimtek Pendaftaran ADWI 2024

  • Bagikan
Zoom meeting persiapan pendaftaran ADWI tahun 2024.

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) pendaftaran ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) tahun 2024.  Kegiatan tersebut berlangsung melalui via zoom meeting, Senin, 25 Maret 2024.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Disparpora Bulukumba, Andi Aryono mengatakan salah satu poin penting yang dibahas dalam zoom meeting tersebut adalah pendaftaran ADWI 2024 pada alpikasi jadesta oleh Tim Jadesta Kementerian parekraf.

"Banyak hal yang dibahas pada Bimtek tersebut, salah satunya adalah mekanisme pendafataran melalui aplikasi jadesta. Kemudian juga ada arahan-arahan dari Direktur Tata Kelola Destinasi ibu Florida Pardosi," katanya, Selasa, 26 Maret 2024.

Menurutnya, ada beberapa mekanisme penilaian yakni menilai dari data profil di jadesta yang terdiri dari data profil desa wisata, data atraksi atau aktifitas, data produk wisata, data fasilitas pendukung seperti foto menarik dengan menggambarkan aktifitas Desa Wisata disertai description.

"Selain itu, juga menilai dari kategori ADWI yang terdiri dari daya tarik wisata, anenitas, digital kelembagaan, serta resiliensi semua indikator diisi dan di sertai data penguat dokumen pendukung," tuturnya.

Aryono menambahkan, adapun konten desa wisata terdiri dari profil desa wisata yang memuat nama desa wisata (sesuai catatan administrasi), nama populer (inisial desa wisata), pengantar singkat mengenai desa wisata, fasilitas pendukung, lokasi tempat wisata, kontak person, fasilitas penunjang yang ada di desa wisata.

"Konten wisata lainnya adalah informasi atraksi yang tesedia, informasi produk wisata yang tersedia, informasi souvenir yang tersedia dan foto galeri," tutupnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan