KPU Sulsel Tekankan Kesiapan Calon Komisioner di 11 Daerah, Nama-nama Dikirim ke Pusat 8 Juni

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID  — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel melakukan uji Kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU Kab/kota di 11 daera untuk wilayah zona 1 dan II.

Fit And Proper test terhadap 110 calon KPU di 11 daerah, dimulai tanggal 3 Juni sampai 7 Juni 2023. Hasilnya akan menjadi poin khusus untuk dikirim ke KPU RI agar ditentukan 5 nama di 11 daerah.

"Setelah Timsel melakukan seleksi hingga 10 nama, kita KPU Provinsi melakukan fit and propertest untuk 11 kabupaten kota. Ada 110 peserta yang kami fit. Setelah itu kami pleno hasil," jelas anggota KPU Sulsel, Romi Harminto, Selasa (6/6/2023).

Adapun 11 daerah yang diseleksi calon KPU, khusus zona Sulsel I meliputi Kabupaten Bone, Gowa, Bulukumba, Barru, Luwu Utara dan Luwu Timur. Begitu halnya untuk zona Sulsel II meliputi Maros, Pangkep, Soppeng, Tana Toraja, Toraja Utara.

Menurutnya, banyak penilaian terkait uji kepatutan dan kelayakan calon komisioner. Di mana soal kepemiluan, latar belakang pendidikan, bagaimana nanti kemampuan bekerja sama, bekerja secara tim, kolektif kolegial.

"Jadi, penekanan fit ini bukan pada sejauh mana pengetahuan, tapi sejauh mana kesiapannya, bagaimana ketika terpilih apakah sudah siap bekerja tim," tuturnya.

Hasil penilaian akan diakumulasi dengan penilaian timsel sehingga dikirim bersamaan ke KPU RI untuk melakukan penilaian dan menentukan 5 nama yang terpilih.

"Kan sekarang ini 10 nama tiap daerah. Nanti kami kirim semua namanya itu tanggal 8 Juni, dan penilaian akan ditentukan oleh KPU RI. Dari akumulasi pemberkasan, CAT, psikologinya. Kemudian pilihan 5 nama komisioner KPU baru," tandasnya. (selfi/fajar)

  • Bagikan