Pelepasan Siswa SMP 9 Lembang Ditandai dengan Penyematan PIN Alumni

  • Bagikan

PINRANG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pelepasan siswa SMPN 9 Lembang ditandai dengan penyematan pin Alumni, 19 Juni 2023. Bertempat di halaman sekolah SMPN 9 Lembang, dimulai upacara penaikan bendera merah putih dirangkaikan dengan pelepasan siswa-siswi SMPN 9 Lembang Tahun 2023. Pelepasan siswa-siswi SMPN 9 Lembang merupakan angkatan ke VIII sejak pertama kali dilakukan pada Tahun 2016 silam.

Acara pelepasan tahun ini ditandai dengan penyematan PIN Alumni SMPN 9 Lembang Tahun 2023. Pada PIN alumni tertera foto siswa yang disematkan oleh para guru ke siswa. Hal ini dimaksudkan siswa dapat selalu merefleksikan dirinya. Sebelumnya secara simbolis Pelaksana Tugas SMPN 9 Lembang, Nurhidayah Mantong menyematkan PIN alumni untuk dua orang siswa, masing-masing 1 siswa perempuan dan satu siswa laki-laki. “Pelepasan siswa-siswa kelas IX SMPN 9 Lembang, meskipun dilakukan secara sederhana, tapi yang terpenting adalah maknanya, bahwa pelepasan dengan penyematan PIN Alumni sebagai bagian dari tahap trapesium usia siswa yang akan mengenang pengalaman suka dan duka sebagai pembelajarannya kedepan”,. Kata Nurhidayah Mantong dalam sambutannya.

PIN alumni siswa ini juga mengabadikan kalimat “SMPN 9 Lembang Keren”. Menurut Hasriani, salah seorang guru SMPN 9 Lembang, menjelaskan kata “keren” pada PIN alumni dimaksudkan agar alumni siswa SMPN 9 Lembang angkatan 2023, tetap percaya diri untuk terus mengembangkan bakat dan minatnya. Selama ini siswa selalu merasa tidak mampu bersaing, padahal kami percaya bahwa setiap siswa memiliki potensi.

Sambutan perpisahan mewakili kelas IX, Nursyuhada memohon maaf pada Kepala sekolah, guru dan adik kelasnya. “Pertemuan kita tetap akan selalu abadi dalam kenangan kita selama bersama-sama di SMPN 9 Lembang ini dan harapan kami kalian jauh lebih baik daripada apa yang kakakmu capai saat ini”. Sementara siswa yang ditinggalkan diwakili oleh Norfasirah mengatakan jika kenangan yang tak terlupakan saat berkolaborasi dalam setiap kegiatan dan mendapatkan bimbingan dari kakak kelasnya. “Kami tetap berharap terus dapat menjalin kerjasama dengan kakak meski tidak lagi bersama setiap hari”, kata Norfasirah.

Selain penyematan PIN Alumni, acara dimeriahkan dengan tarian padduppa dan pangi panginoang dari siswa yang ditinggalkan.

Dengan penyematan PIN alumni, maka siswa-siswi kelas IX SMPN 9 Lembang Kabupaten Pinrang, resmi menjadi alumni untuk Tahun 2023 angkatan ke VIII. (daya)

  • Bagikan