Panggung Seni dan Budaya Jadi Highlight Rakernas APEKSI 2023, Ini Agenda Lengkapnya

  • Bagikan
Andi Herfida Attas

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023.

Rakernas Apeksi 2023 yang berlangsung mulai tanggal 10-14 Juli 2023 ini akan dihadiri wali kota se-Indonesia.

Dalam rangka menyukseskan kegiatan ini, Pemkot Makassar akan menampilkan berbagai hiburan. Oleh karena itu, berbagai persiapan telah dilakukan  Dinas Kebudayaan Kota Makassar untuk mendukung kelancaran Rakernas Apeksi.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Herfida Attas menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan secara maksimal untuk menyambut Rakernas APEKSI di Kota Makassar.

Berbagai rangkaian acara yang melibatkan Dinas Kebudayaan diharapkan dapat menghibur para tamu undangan dari luar Kota Makassar serta mendukung perkembangan seni budaya di Sulawesi Selatan.

Salah satu highlight dari acara ini adalah Panggung Budaya, yang akan berlangsung mulai tanggal 11 hingga 14 Juli di Anjungan Pantai Losari.

Panggung Budaya akan dimulai pukul 14.00-22.00 WITA dan akan menampilkan pentas seni dari 23 kota yang telah mendaftar.

Namun karena terdapat keterbatasan waktu, Dinas Kebudayaan membatasi peserta yang akan tampil dalam acara ini.

Herfida juga mengungkapkan bahwa pentas seni pada Rakernas APEKSI kali ini memiliki keunikan tersendiri.

"Pada tahun ini, pentas seni pada Rakernas APEKSI akan berbeda. Panitia APEKSI Pusat akan mengadakan perlombaan pentas seni dari kota-kota yang akan tampil," ungkapnya.

Kemudian Selasa sore ini (11/7), tepatnya pukul 16.00 WITA, Panggung Budaya akan dimulai dengan atraksi seni kota Makassar dan keesokan harinya Rabu (12/7) akan diadakan Karnaval Budaya yang berlangsung pukul 18.30 hingga selesai di Anjungan Pantai Losari.

Karnaval Budaya ini akan diikuti oleh 54 peserta dari 98 kota yang hadir dalam acara APEKSI dan di penghujung acara juga akan ada penampilan dari Guest Star Armada Band.

"Tanggal 14 malam, penutupan Panggung Budaya ada Armada Band. Jadi, jangan lewatkan beragam pertunjukan budaya dari seluruh kota se-Indonesia," tambahnya.

Oleh karena itu, Herfida Attas mengajak seluruh masyarakat Makassar untuk berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan Panggung Budaya dan Rakernas APEKSI 2023 di Anjungan Pantai Losari Makassar yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 14 Juli 2023.

"Ini merupakan momen yang luar biasa untuk menghidupkan pelaku seni di seluruh kota di Indonesia, terutama di Kota Makassar sendiri. Kami mengharapkan partisipasi semua masyarakat untuk hadir dan menyaksikan acara Panggung Budaya agar lebih mengenal kekayaan budaya Nusantara," harapnya. (adv)

  • Bagikan