Sejumlah SMA Adu Kemampuan di Kompetisi P5

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sejumlah sekolah tingkat SMA di Kabupaten Bulukumba berkompetisi pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tingkat Kabupaten Bulukumba. Kegiatan yang digelar UPT Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Sulsel itu berlangsung di SMAN 7 Bulukumba, Sabtu 30 September 2023.

Panitia, Putri mengatakan, kegiatan ini merupakan kompetisi dengan memperlombakan puisi, pameran dan nyanyi solo yang diikuti 19 SMA se Kabupaten Bulukumba. Tujuannya untuk memberikan kesempatan pada peserta didik agar dapat mendalami pengetahuan sebagai salah satu proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

“Kegiatan ini sudah dua kali dilaksanakan di Bulukumba. Kami berharap semoga dengan adanya kegiatan seperti dapat mendorong peserta didik untuk menjadi pelajar yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, serta memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa SMA untuk memiliki jiwa kompetitif dan kolaboratif secara positif,” terangnya.

Putri menyebutkan, para pemenang dari masing-masing lomba. Lomba lomba puisi, kategori putra juara 1 SMAN 19 Bulukumba, juara 2 SMAN 2 Bulukumba, dan juara 3 SMAN 1 Bulukumba. Sementara kategori putri juara 1 SMAN 8 Bulukumba, 2 SMAN 1 Bulukumba, dan juara 3 SMAN 17 Bulukumba, Selanjutnya, lomba nyanyi solo kategori putra, juara 1 SMAN 14 Bulukumba, juara 2 SMAN 10 Bulukumba, dan juara 3 SMAN 1 Bulukumba. Sementara kategori putri, juara 1 SMAN 1 Bulukumba, juara 2 SMAN 8 Bulukumba, dan juara 3 SMAN 10 Bulukumba

“Untuk lomba pameran, juara 1 SMAN 2 Bulukumba, juara 2 SMAN 3 Bulukumba, dan juara 3 SMAN 8 Bulukumba,” tutupnya.

Salah satu pembina SMAN 10 Bulukumba, Rosnaeni mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini membuktikan perhatian Dinas Pendidikan

Provinsi Sulsel terhadap penerapan kirikulum merdeka terutama dalam pembinaan karakter siswa.

“Kami berarap, kegiatan ini akan terus berlanjut dan bahkan kalau bisa sampai ke tingkat provinsi,” imbuhnya. (sum/man/**) 

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan