Tetapkan RKPDes 2024, Pemdes Kahayya Prioritaskan Ketahanan Pangan

  • Bagikan
Musyawarah penetapan RKPDes di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang.

KINDANG,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Kahayya, Kecamatan Kindang, telah menetapkan RKPDes (Rencana Kerja Program Desa) tahun 2024. Rancangan tersebut ditetapkan melalui musyawarah desa yang dihadiri oleh pemerintah desa, BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan tim penyusun RKPDes.

Kepala Desa Kahayya, Abdul Rahman, mengatakan salah satu program prioritas dalam RKPDes tahun 2024 adalah program ketahanan pangan.

" Melalui program ketahanan pangan, kami berencana menyalurkan bantuan bibit nangka, alpukat dan durian kepada warga," katanya, Minggu 1 Oktober.

Menurutnya, penyaluran bibit buah tersebut merupakan bagian dari upaya menjadikan Desa Kahayya sebagai sentra buah di Kabupaten Bulukumba. Terlebih lagi Desa Kahayya merupakan salah satu desa tujuan wisata.

" Jadi sangat cocok kalau ada pengembangan buah-buahan di Desa Kahayya, karena bisa juga menjadi oleh-oleh bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Desa Kahayya," jelasnya.Selain itu, lanjut Rahman, letak geografis Desa Kahayya yang berada didataran tinggi atau pegunungan, membuat desa tersebut sangat cocok untuk ditanami dengan buah-buahan.

" Kondisi tanah di Desa Kahayya sangat subur, jadi memang cocok ditanami buah-buahan, sehingga tidak rugi kalau pemerintah desa memprogramkan ketahanan pangan berupa pengadaan bibit buah," tambahnya.Pemerintah Desa Kahayya, juga mengharapkan dengan adanya penanaman buah-buahan oleh warga, maka warga Kahayya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, sehingga perekonomian mereka meningkat. (*).

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan