Edukasi Bumil Jelang Persalinan Melalui Kelas Bumil

  • Bagikan
Kelas ibu hamil di Desa Seppang, Kecamatan Ujungloe.

UJUNGLOE,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Seppang, Kecamatan Ujungloe, kembali melaksanakan kelas Ibu hamil (Bumil).

Kelas Bumil ini merupakan sarana untuk menambah pengetahuan Bumil dan persiapan mereka dalam menghadapi persalinan kelak.

Salah satu pemateri, A Erwina Ardan, S.ST., menjelaskan materi seputar kehamilan dan persiapan persalinan. 

“Hindari dulu makan makanan yang asam atau pedas karena bisa memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan mual muntah," katanya.

Erwina juga menambahkan agar Bumil tidak memakai skin care racikan. Hal ini bisa memicu sel kanker, terjadi janin premature atau cacat bawaan pada janin, dan juga berakibat stunting.

Sementara itu pemateri lainnya, Nurlaela Kadri menjelaskan seputar gizi seimbang. Seperti ada yang dikenal sebagai 4 bintang, yaitu karbohidrat, protein nabati, sayur dan buah, serta protein hewani.

 “Yang dianjurkan itu adalah makan buah dulu, baru nasi,” terangnya.

Nurlaela juga menjelaskan bahwa porsi makan perlu diatur sesuai dengan bulan kehamilan. Sebaiknya tidak mengkonsumsi gula berlebihan, hindari banyak makanan bersantan atau berminyak. 

" Selain itu, ibu hamil perlu untuk minum air putih 8-12 gelas sehari, minum susu dan konsumsi kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Seppang, Samsu menambahkan, setelah materi berakhir dilakukan sesi tanya jawab, dan dilanjutkan dengan senam Bumil.

"  Dilakukan juga pemeriksaan kesehatan  bagi ibu-ibu hamil yang hadir oleh bidan Poskesdes dan pemberian susu ibu hamil," tambahnya. (**)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan