94 Kasus Kebakaran Dalam Tiga Bulan, Warga Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kasus kebakaran di Kabupaten Bulukumba terus meningkat di tengah musim kemarau ini. Tercatat sudah terjadi 94 peristiwa kebakaran dalam kurun waktu tiga bulan terakhir, mulai dari Agustus hingga akhir Oktober 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar dari Satuan Pol PP - Damkar Bulukumba, Muh. Idam, memberikan rinciannya. Pada bulan Agustus, terdapat 21 kejadian kebakaran. Pada bulan September, angka ini meningkat menjadi 32 kejadian, dan hingga hari ini di bulan Oktober, sudah tercatat 41 kejadian.

Peningkatan yang sangat drastis ini terlihat jika dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, di mana hanya terjadi 11 kejadian kebakaran.

Menurut Idha kebakaran tidak hanya terjadi pada rumah tetapi banyak kasus di antaranya yang menimpa lahan atau perkebunan warga.

Muh. Idam mengimbau kepada masyarakat, terutama warga Kabupaten Bulukumba, untuk tetap waspada terhadap bahaya kebakaran.

Idam juga menyampaikan beberapa hal yang harus dipatuhi oleh masyarakat untuk menghindari terjadinya kebakaran.

Pertama, jangan pernah meninggalkan kompor dalam keadaan menyala saat meninggalkan rumah atau sedang beraktivitas lain. Kedua, hindari memasang steker lampu dengan cara menumpuk atau terlalu banyak dalam satu aliran.

Ketiga, sangat dilarang membakar sampah dalam jumlah besar, terutama di daerah yang padat penduduk. Keempat, jangan membuang puntung rokok sembarangan di tempat yang mudah terbakar.

"Jika Anda melihat adanya kebakaran, segera hubungi petugas pemadam kebakaran di nomor 0413 8213, dan gunakan alat serta bahan seadanya untuk memadamkan api sampai petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi," tegas Idham. (ewa/has/B)

  • Bagikan