Siswa MTsN 1 Bulukumba Ikuti Ujian Sumatif

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 348 siswa MTsN 1  Bulukumba, mengikuti ujian sumatif atau penilaian akhir semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Keguatan berlangsung mulai Senin 27 November hingga 2 Desember 2023.

Kepala MTsN 1 Bulukumba, Muhammad Asdar mengatakan, jumlah tersebut berasal dari 15 rombongan belajar mulai dari kelas VII, VIII dan IX. Metode yang digunakan berbasis android dengan aplikasi Cbt exam browser.

"Penggunaan android dalam pelaksanaan ujian sudah berjalan dua tahun. Karenakan Kementerian Agama mengharapkan semua madrasah sudah berbasis digital," ungkapnya, Selasa 28 November 2023.

Siswa yang tidak memiliki android, lanjut Asdar, pihak madrasah menyiapkan komputer. Namun pihaknya telah menyampaikan kepada orang tua siswa untuk meminjamkan handphone android kepada anaknya.

"Itupun tidak dipaksakan. Tapi kalau memang tidak ada kami siapkan komputer. Seperti dua hari ini ada beberapa siswa tidak memiliki handphone jadi ujiannya di Laboratorium Komputer," terangnya.

Asdsr menjelaskan, keunggulan menggunakan android, selain menghemat biaya juga mudah dikoordinir oleh guru. Selain itu hasil ujian terpantau langsung oleh masing-masing guru mata pelajaran dan meminimalisir kecurangan.

Namun yang mnejadi kendala saat ini, lanjut Asdar, beberapa waktu belakangan ini kerap terjadi pemadaman listrik secara bergilir. Untuk mengatasi agar ujian tetap terlaksana ujian kembali menggunakan kertas dan pulpen.

"Semoga semuanya bisa berjalan lancar sesuai harapan" tutupnya.(**)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan