619 Siswa MTsN 2 Bulukumba Ikuti Penilaian Sumatif

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 619 siswa MTs Negeri 2 Kabupaten Bulukumba, mengikuti Penilaian Sumatif atau Penilaian Akhir Semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Ujian berlangsung mulai Senin 4 sampai 9 Desember 2023.

Wakasek Bidang Humas MTsN 2 Bulukumba, Masyitah mengatakan dalam pelaksanaan ujian ini, pihaknya mengombinasikan dua metode. Masing-masing kelas VII masih berbasis kertas dan pensil sementara kelas VIII dan IX menggunakan android.

"Dalam sistem berbasis android, sebelumnya kami melakukan simulasi selama dua hari Mulai 1 sampai 2 Desember 2023. Hal ini untuk mematangkan persiapan siswa melaksanakan ujian berbasis android," ungkapnya, Minggu 3 Desember 2023.

Menurut Masyitah, penyelenggaraan penilaian berbasis android membantu guru dalam hal efisiensi waktu, terutama dalam menyingkronkan nilai peserta ujian. Model ini dipilih karena dianggap lebih memudahkan siswa dan guru, juga menghemat penggunaan lembar kertas.

"Penilaian berbasis android yang sangat mudah dioperasikan dalam hal pembuatan soal, pengaturan jadwal, pengaturan urutan soal dan skor. Singkatnya nilai akan muncul setelah siswa menyelesaikan soalnya," bebernya.

Sistem kerja ujian berbasis android ini lanjut Masyitah, tenaga pendidik cukup menyediakan soal ujian. Kemudian panitia memasukkan teks soal ujian pada template aplikasi yang disiapkan, selanjutnya guru import ke dalam aplikasi ujian. 

Siswa login dengan user dan password yang sudah diset sebelumnya, token ujian dibagikan dan siswa mulai mengerjakan soal ujian. Hasil ujian siswa secara otomatis terekam di aplikasi dan guru dapat langsung melihat hasilnya. 

"Kami berharap semoga pelaksanaan ujian ini dapat berjalan lancar dan sukses serta siswa meraih nilai yang memuaskan," tutupnya.(***)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan