BSIP Hadirkan Penguatan Kapasitas Penerapan Standar Pertanian

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DPTHP) Kabupaten Sinjai, H. Kamaruddin membuka kegiatan penguatan kapasitas penerapan standar Pertanian, Minggu, 24 Desember 2023 yang digelar oleh Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian.

Kegiatan sebagai upaya untuk meningkatan kapasitas penyuluh dan petani dalam rangka peningkatan poduksi padi dan jagung di Kabupaten Sinjai ini di pusatkan di Malini, Kabupaten Gowa.

“Jadi untuk mendukung keberhasilan upaya khusus percepatan dan perluasan tanam peningkatan produksi padi dan jagung diperlukan sumber daya manusia pertanian yang kompeten melalui penguatan kapasitas penerap standar pertanian," ucap Kamaruddin saat menyampaikan sambutannya.

Dikatakan dengan penguatan kapasitas ini menjadi langkah strategis untuk memastikan bahwa praktik pertanian di Sinjai sesuai dengan standar yang berlaku terutama dari segi kualitas produk.

Kegiatan ini diikuti para penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Sinjai serta kelompok tani dari dua kecamatan yakni Sinjai Barat dan Sinjai Tengah.

Diharapkan dengan menerapkan standar produktivitas padi dan jagung di Kabupaten Sinjai semakin meningkat.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada inisiatif BSIP Kementerian yang membuka peluang bagi Kabupaten Sinjai untuk mengoptimalkan penerapan standar pertanian ini," ujarnya.

Selain itu ia juga berharap dengan penguatan kapasitas ini, petani di Sinjai dapat memperoleh hasil pertanian yang berkualitas tinggi serta membuka peluang akses pasar yang lebih luas untuk produk pertanian lokal.

Kegiatan penguatan kapasitas penerapan standar pertanian ini diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam mendukung pembangunan sektor pertanian yang berkelanjutan di Kabupaten Sinjai. (mul/has/C)

Penulis: MAULANA RAHIMEditor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan