Mahasiswa STIKes PH Ikut Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Delapan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Panrita Husada (PH) Kabupaten Bulukumba, mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 4. Mereka tersebar di empat perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Kepala Bagian Kemahasiwaaan Alumni dan Kerja Sama STIKes Panrita Husada Bulukumba, Asri menyebutkan, empat perguruan yang menjadi tujuan l, yakni Universitas Sriwijaya, Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Prima Indonesia.

"Mahasiswa yang berasal dari D3 Analis, S1 Fisioterapi dan S1 Keperawatan, melaksanakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 4 selama enam bulan lamanya atau selama semester genap," ungkapnya, Rabu 27 Desember 2023.

Lebih lanjut Asri menjelaskan tujuan dari kegiatan ini untuk menambah pengalaman baru nilai-nilai kebinekaan (keberagaman suku, agama, kepercayaan, kebudayaan, dan bahasa). Kemudian menjalin pertemanan lintas budaya, dan adat istiadat, mengembangkan Soft Skills (kepemimpinan, kepercayaan diri, dan kepekaan sosial), kesempatan mengambil pilihan mata kuliah di luar prodi.

"Selain itu juga untuk memperoleh nilai hasil pengakuan kredit mata kuliah dari PT Pengirim hingga kurang lebih 20 SKS, mendapatkan e-sertifikat nasional dari Kemendikbudristek dan bantuan pembiayaan kegiatan Modul Nusantara selama 1 semester berupa Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang dibayarkan ke Perguruan Tinggi Penerima," jelasnya.

Menurut Ari, kegiatan ini sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan pengetahuan dan ilmu mahasiswa di tempat lain dengan suasana baru. Kemudian mengenal ragam budaya di Indoensia dengan slogan "Bertukar Sementra Bermakna Selamanya.

"Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan diri dari segi ilmu dan pengetahuan dan apa yang didapatkan mampu di aplikasikan terutama di Kampus asal STIKes Panrita Husada, sehingga kompetensi dan kualitas lulusan mampu ditingkatkan," harapnya.(sum/man/c)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan