Logistik Surat Suara Tiba di KPU Bantaeng, Dikawal Ketat

  • Bagikan
Foto: Proses penerimaan logistik surat suara di KPU Bantaeng. (mad)

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- KPU Kabupaten Bantaeng menerima Logistik Surat Suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan Surat Suara Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada Pemilu tahun 2024.

Logistik Surat Suara (SS) ini tiba di kantor KPU Bantaeng pada Kamis 4 Januari 2024 malam.

Surat Suara ini diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bantaeng Muhammad Saleh, didampingi Sekretaris KPU Kabupaten Bantaeng Usman Saleh dan Kepala Sub Bagian Keuangan Umum dan Logistik Nur Aeni.

"Alhamdulillah, surat suara untuk Calon Presiden-Wakil Presiden (PPWP) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sudah kami terima dari pihak penyedia," kata Ketua KPU Bantaeng, Muhammad Saleh kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

Jumlah Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) yang diterima sebanyak  155.246 lembar ditambah 1000 lembar untuk persiapan Pemilihan Suara Ulang (PSU). Dengan rincian 77 Box isi 2000 lembar,1 Box isi 1246 lembar, 1 Box isi 1000 untuk PSU, Jumlah Box yang diterima 79 dari 79 Box.

Untuk Suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebanyak 155.246 lembar. Dengan rincian 155 Box isi 1000 lbr, 1 Box isi 246 lembar. Jumlah Box yang diterima 156 dari 156 Box.

"Hari ini pukul 14.00 Wita, kami jadwalkan dimulainya proses sortir surat suara, dengan mempekerjakan sekitar 50 orang, petugas sortir akan memeriksa kelayakan semua surat suara. Proses Sortir sekaligus pelipatan," katanya.

"Kami berharap surat suara, baik PPWP dan DPD tdk ada yg rusak, dan kalaupun ada ditemukan, semoga jumlahnya tdk banyak," harap dia.

Logistik yg belum tiba adalah surat duara DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, serta semua jenis formulir dan amplop coklat untuk formulir.

"Sudah dikirim sejak 3 Januari 2034, dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk surat suara. Distribusi dari pihak penyedia via jalur laut," jelasnya.

Kegiatan ini disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Bantaeng, dan pihak kepolisian dari Polres Bantaeng.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bantaeng Ningsih Purwanti, mengatakan  bahwa sekira pukul 00.53 Jumat 5 Januari 2024, dini hari seluruh logistik surat suara telah tersimpan di aula KPU Bantaeng, yang dikawal ketat.

"Sekitar pukul 00.53 WITA, seluruh logistik sudah turun dari truk dan tersimpan di aula KPU Bantaeng. Jumlah keseluruhan sesuai dengan kebutuhan," jelasnya. (***)

  • Bagikan