Pengamat Yakini Andi Utta Dapat Penantang di Pilkada 2024

  • Bagikan
Ilustrasi Pilkada (Istimewa)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Petahana Bupati Bulukumba diyakini akan mendapatkan lawan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 27 November 2024.

Meski belum ada nama-nama pasti yang akan melawan petahana Bupati Bulukumba, namun pengamat meyakini bahwa Andi Muchtar Ali Yusuf akan mendapatkan penantang yang sepadan.

Guru Besar Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad mengungkapkan bahwa isu politik Pilkada khususnya di Bulukumba baru akan mencuat pasca Pileg.

"Semua fokus pemilu, Pilkada tergantung hasil pemilu, jumlah kursi pengusung," terang Firdaus saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, pada Selasa, 6 Pebruari 2024.

Fidaus mengungkapkan bahwa petahana Bupati Bulukumba berpotensi akan ditantang oleh penantang di Pilkada sebelumnya dan juga pendatang baru.

"Incumbent bakal maju dan pesaingnya pada pilkada lalu bakal maju dan pendatang baru," kata Firdaus memprediksi Pilkada Bulukumba 2024.

Diketahui, Pilkada serentak di Indonesia termasuk di Kabupaten Bulukumba akan digelar pada 27 November 2024. Jadwal tersebut ditetapkan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 tahun 2024 yang dikeluarkan pada 26 Januari 2024.

Komisioner KPU Bulukumba, Divisi Teknis, Syamsul mengungkapkan bahwa tahapan pelaksanaan Pilkada yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dirangkaikan dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati telah dimulai pada 26 Januari 2024.

"Tahapan awalnya (Pilkada) mulai 26 Januari 2024 yaitu perencanaan program dan anggaran," ungkap Syamsul yang ditemui RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID di sela-sela agendanya di Hotel Agri, Selasa, 30 Januari 2024.

Sementara untuk tahapan penyelenggaraan akan dimulai dengan agenda pemenuhan persyaratan dukungan bagi bakal calon perseorangan mulai 5 Mei 2024 hingga 19 Agustus 2024

Setelah itu tahapan pendaftaran di KPU Bulukumba baik itu bagi bakal calon perseorangan maupun usungan partai dibuka mulai 27 Agustus hingga 29 Agustus. ****

  • Bagikan