53 Persen Rekapitulasi Online KPU Dapil Kajang-Herlang, Gelora Pontensi Raih Satu Kursi

  • Bagikan
Partai Gelora Indonesia potensi meraih satu kursi di Dapil 4 Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Hasil perhitungan online KPU untuk Pileg 2024 di dapil 4 Bulukumba telah mencapai 53 persen, per Selasa, 20 Februari 2024, pukul 14.00 WITA. Gelora yang merupakan salah satu partai debutan Pemilu 2024 berpotensi meraih satu kursi di dapil Kecamatan Kajang-Kecamatan Herlang tersebut.

Berdasarkan update sementara yang diakses melalui pemilu24.kpu.go.id perolehan suara partai sementara di dapil Kajang-Herlang antara lain, PKB 986, Gerindra 978, PDIP 428, Golkar 626, Nasdem 822, Partai Buruh 96, Gelora 718.

Selanjutnya, PKS 1.371, PKN 16, Hanura 8, Garuda 5, PAN 259, PBB 5, Demokrat 1.985, PSI 8, Perindo 0, PPP 282, dan Partai Ummat 59 suara.

Dari perolehan suara sementara di atas, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID mencoba menghitung menggunakan metode Sainte-Lague untuk mencari siapa-siapa Caleg yang potensial meraih kursi.

Berikut nama-nama Caleg untuk sementara berpotensi meraih kursi di dapil 4 Bulukumba:

1. DEMOKRAT (Kaspul)
2. PKS (Rizal Sarip)
3. PKB (Andi Arjunaedi)
4. GERINDRA (Rosdiana)
5. NASDEM (Juharta)
6. GELORA  (Andi Lady Febria Asti)
7. DEMOKRAT (Abdul Rajab)

Nama-nama tersebut didapat berdasarkan hasil perhitungan jumlah suara partai yang masuk menggunakan metode Sainte-Lague.

Kendati demikian, hasil perhitungan di website KPU bukanlah hasil final dan tidak dapat dijadikan acuan.

Komisioner KPU Bulukumba, Syamsul menjelaskan bahwa rekapitulasi online merupakan upaya untuk membantu penyelenggara dalam melakukan transparansi hasil Pemilu.

Kendati demikian, jika ditemukan ketidaksesuaian data dalam Sirekap maka itulah fungsinya Pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan untuk dilakukan pencocokan baik itu data di Sirekap, C Salinan, dan C Hasil.

"Hasil pencocokan data dan rekapitulasi ini nantinya menjadi acuan untuk menetapkan peraih kursi," jelas Syamsul Kita saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Senin, 19Februari 2024.

Syamsul mengungkapkan bahwa saat ini penyelenggara di tingkat kecamatan masih sementara menggelar pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara. ****

  • Bagikan