63 Persen Sirekap KPU: Tiga Parpol ‘Bersikutan’ di Kursi Terakhir Gantarang-Kindang

  • Bagikan
Ilustrasi perebutan kursi (JatengPos × Radar Selatan)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Rekapitulasi daring Sirekap KPU Bulukumba di Dapil 2 Bulukumba, Gantarang-Kindang telah mencapai 63 persen per 20 Februari 2024, pukul 13.00 WITA. Tiga partai yakni PAN, PKS, serta Hanura berebut kursi ke-10 atau kursi terakhir.

Dari data update data Sirekap perolehan suara sementara antara lain PKB 1.652, Gerindra 2.872, PDIP 504, Golkar 2.939, Nasdem 183, PB 17, Gelora 195, PKS 2.233, PKN 8, Hanura 566, Garuda 9, PAN 778, PBB 127, Demokrat 1.105, PSI 11, Perindo 342, PPP 2.761, dan Ummat 44.

Berdasarkan perolehan tersebut jika dihitung menggunakan metode Sainte-Lague maka berikut partai yang sementara berpotensi menduduki 10 kursi dapil Gantarang-Kindang.

Kursi pertama Golkar (Ismail Papo), Kursi ke-2 Gerindra (Andi Usdar), Kursi ke-3 PPP (H Rijal), Kursi ke-4 PKS (Andi Suriadi), Kursi ke-5 PKB (Samsir), Kursi ke-6 Demokrat (Hj. Hawatia).

Selanjutnya Kursi ke-7 Golkar (Astati Tajuddin), Kursi ke-8 Gerindra (Muhammad Bakti), Kursi ke-9 PPP (Fathinah Qauliyah), dan Kursi ke-10 PAN (Hj. Nuraidah).

Kendati demikian pada kursi ke-10 posisi PAN hanya selisih sekitar suara dengan hitungan kursi kedua PKS yakini 744,33 (2.233:3).

Belum lagi perolehan suara dari partai Hanura yang saat ini sudah 566 di rekap sementara KPU yang kemungkinan juga masih berpotensi meraih kursi di Gantarang-Kindang.

Kendati demikian, PAN masih tetap optimis dapat mempertahankan satu kursi di Dapil Gantarang-Kindang.

Caleg petahan PAN dapil Gantarang-Kindang, Hj.Nuraidah yang dikonfirmasi mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil rekapitulasi C Salinan yang dikumpulkan oleh saksinya, ia masih optimis berada di kursi ke-7 atau ke-8.

"Tentu kami masih sangat optimis. Dari data C salinan yang dikumpulkan oleh saksi, kami aman di kursi ke-8 atau ke-7. Tapi kami tetap menunggu hasil rekapitulasi KPU," ungkap Hj.Nuraidah saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Rabu, 21 Februari 2024.

Senada dengan itu, Ketua PAN Bulukumba, Andi Edy Manaf juga meyakini bahwa partainya masih dapat mempertahankan kursi di dapil 2 Bulukumba.

"Kita harus optimis. Dan berdasarkan data yang masuk ke kami, memang masih sangat memungkinkan untuk satu kursi di Gantarang-Kindang," singkat Wabup Bulukumba tersebut.

Tidak mau kalah, dari pihak PKS Bulukumba juga meyakini bahwa PKS dapat meraih dua kursi di dapil Gantarang-Kindang.

Sekretaris PKS Bulukumba, Lukman, menyampaikan bahwa sebelumnya memang pihaknya menargetkan dua kursi di Gantarang-Kindang. Dan berdasarkan hasil rekapitulasi internal target tersebut diyakini dapat terwujud.

"Semoga PKS bisa dapat dua kursi, sesuai prediksi. Kami masih tetap menunggu hasil perhitungan resmi dari PPK, karena dari rekap PPK kita semua sudah bisa  melihat dan menentukan siapa dapat kursi dan siapa dapat dua," kuncinya.

Meski Sirekap KPU dapil Gantarang-Kindang telah mencapai 63 persen, namun peraih kursi akan ditentukan berdasarkan hasil rekapitulasi C Hasil KPU Bulukumba yang saat ini masih sementara berlangsung. ****

  • Bagikan