Pemdes bajiminasa Salurkan 1.320 Bibit Alpukat

  • Bagikan
Penyaluran bibit alpukat di Desa Bajiminasa, Kecamatan Rilau Ale.

RILAU ALE,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Bajiminasa, Kecamatan Rilau Ale, menyalurkan sebanyak 1.320 pohon bibit buah alpukat. Penyaluran bibit tersebut merupakan salah satu program prioritas pemerintah desa setempa di tahun ini.

Bendahara Desa Baji Minasa, shandy mengangatakan pengadaan bibit alpukat dianggarkan melalui anggaran desa. Program ini juga merupakan bagian dari program ketahanan pangan.

"Jadi memang desa-desa diminta untuk mengalokasikan anggaran desa untuk program ketahanan pangan, tinggal desa menyesuaikan apakah ketahanan pangan di bidang pangan atau hewani," katanya, Kamis 4 April.

Menurutnya, sebelum mengalokasikan anggaran maka terlebih dahulu pemerintah desa setempat memasukan program tersebut pada dokumen RKPDes (Rencana Kerja Program Desa), kemudian ditindaklanjuti melalui APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa).

"Sebelumnya memang ada petunjuk teknis dari pemerintah pusat bahwa anggaran desa wajib dialokasikan untuk ketahanan pangan, sehingga kami di desa mengalokasikannya. Meski demikian kami tetap bahas juga dalam musyawarah desa," jelasnya.

Shandy menambahkan agar para penerima bibit untuk menanam dengan baik bibit yang telah didistribusikan oleh pemerintah desa. Dan disarankan agar ditanam di lokasi yang muda dijangkau.

"Harus di lokasi yang muda dijangkau, karena sewaktu-waktu akan dilakukan pemeriksaan olehnya itu kami berharap bibitnya ditanam dengan dengan baik, agar produksi buahnya juga maksimal," tutupnya.(***)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan