Pemdes Topanda Alokasikan Rp 36 juta untuk BLT-DD

  • Bagikan
Penyaluran BLT-DD di Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale.

RILAU ALE, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale, mengalokasikan anggaran desa sebesar Rp 36 juta untuk program BLT-DD ( Bantuan Langsung Tunai Dana Desa). Program ini merupakan salah satu program prioritas pemerintah desa setempat.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Topanda, Sabir mengatakan di Desa Topanda, BLT-DD di berikan kepada 10 KK yang telah ditetapkan sebagai KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

"Masing-masing KPM ini menerima bantuan dana  sebesar Rp 300 ribu per bulan selama setahun. Jadi jika ditotal maka anggaran desa yang dialokasikan sebesar Rp 36 juta," katanya, Selasa, 2 April 2024.

Menurutnya, rencananya dalam waktu dekat dilakukan penyaluran BLT-DD untuk tahap pertama, yang mengcover bulan Januari, Februari dan bulan Maret.

"Karena tiga bulan yang cair, maka masing-masing KPM akan menerima BLT-DD sebesar Rp 900 ribu rupiah. Pada proses penyalurannya para KPM diundang hadir ke kantor desa, kemudian yang tidak hadir  maka bantuannya diantarkan langsung ke rumahnya," jelasnya.

Sabir menambahkan bahwa para KPM BLT-DD ini sebelumnya telah ditetapkan melalui musyawarah desa. Bantuan ini dikucurkan oleh pemerintah sebagai upaya penanganan kemiskinan ekstrim.

"Selaku pemerintah desa, tentunya kami sangat berharap agar bantuan ini dipergunakan sebagaimana mestinya, misalnya membeli sembako, digunakan untuk membeli obat ataupun ditabung dijadikan modal usaha," harapnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan