Program Perpustakaan Digital Support Makassar Jadi Kota Metaverse

  • Bagikan
Kadis Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Program Perpustakaan Digital yang telah dirintis pihak Dinas Perpustakaan Kota Makassar satu arah dengan program baru Makaverse yang dikenalkan melalui Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Pemkot Makassar, 15 Maret 2022 di Hotel Four Points by Sheraton.

Makaverse adalah gagasan Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mewujudkan Makassar dalam Metaverse, yaitu untuk menciptakan pelayanan publik yang lebih cepat melalui bpenggunaan platform teknologi internet berupa Virtual Reality atau dunia Maya.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo, sejumlah inovasi yang telah dilakukan dalam rangka pengembangan perpustakaan dan peningkatan warga gemar membaca di kota Makassar selama ini telah bergerak dengan model Metaverse.

Diantaranya melalui program layanan perpustakaan online dan digitalisasi buku-buku koleksi perpustakaan.

“Bahkan kini pihak Dinas Perpustakaan kota Makassar sedang mengupayakan pelestarian koleksi khusus naskah-naskah kuno dengan mendigitalisasikan agar lebih awet,” katanya.

Melalui Program Metaverse, pihaknya akan lebih meningkatkan kinerja mewujudkan Makaverse atau Makassar sebagai Kota Metaverse khususnya di sisi layanan perpustakaan dan pengembangan minat baca masyarakat.

Saat ini peningkatan kegemaran membaca di Kota Makassar sudah melebihi 45 persen, dengan indeks literasi lebih dari 63 persen.

“Kita akan secepatnya beradaptasi terhadap pelaksanaan dan perwujudan Makassar Metaverse dengan full team dan full time,” ujar  Tenri A. Palallo, Kadis Perpustakaan Makassar yang juga mantan jurnalis Harian Fajar ini. (rls)

  • Bagikan