PT. PLN (Persero) UP3 Palopo Resmikan Gardu Induk (GI) Masamba dan Lomba Masak Menggunakan Kompor Induksi

  • Bagikan

LUWU UTARA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - Kegiatan Peresmian Gardu Induk (GI) Masamba dan Lomba Masak Menggunakan Kompor Induksi "merdeka dari stunting dengan makanan bergizi" PT. PLN (Persero) UP3 Palopo Pada Kamis, 11 Agustus 2022 di Gardu Induk Masamba Porodoa Kecamatan Mappedeceng.

Sambutan Manajer UP3 Palopo Alimuddin mengatakan saat ini wilayah kerja UP3 palopo sudah tersuplai dengan gardu induk (GI) yang bermuatan 150 kVa.

"Luwu Utara terbesar kedua bebannya, jadi ketika terjadi gangguan di wilayah palopo dan malili, Luwu Utara juga akan terganggu" ujarnya, Kamis, (11/08/2022).

Alimuddin juga mengatakan gardu ini melayani kebutuhan kelistrikan diwilayah luwu utara dan sekitarnya, dengan luasan kerja Luwu Utara termasuk seko yang sementara ini direncanakan. Gardu induk ini juga menunjang industri yang sedang di bangun seperti pengolahan batu dan air untuk mengoptimalkan pertanian pada proses maupun pasca panen.

"Di harapkan pengoperasian gardu induk ini tidak akan memiliki masalah kelistrikan lagi di kabupaten Luwu Utara dan semoga gardu induk ini membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat Luwu Utara" lanjutnya.

Dalam sambutan Manager UPP sulsel Rahmat Nichol Fauzen, gardu induk ini adalah yang pertama di kabupaten Luwu Utara, sebelumnya gardu induk ini sudah ada di Palopo dan Wotu Luwu Timur dan telah beroperasi.

gardu induk ini dibangun sejak tahun 2018 dan merupakan program strategis Nasional

"Mohon dukungan kita untuk bersama menjaga aset ini dan kami berharap gardu induk masamba ini dapat meningkatkan kualitas kelistrikan kualitas hidup dan perekonomian dikabupaten luwu utara" ujarnya.

"kalau kita berbicara kelistrikan adalah hal yg tidak bisa ditawar di era sekarang dan Salah satu infrastruktur yang menjadin kebutuhan dan harus dipenuhi apalagi presiden punya program indonesia connective atau tidak ada satu pun wilayah di indonesia yang masuk dalam wil blank spot, untuk menuju itu indonesia harus terang terlebih dahulu, semua wilayah harus teraliri listrik" ujar Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

Ia juga berterima kasih kepada UP3 Palopo yang sudah bergerak cepat untuk merespon pembangunan gardu induk ini serta dukungan dari camat, kepala desa dan masyarakat

"Terima kasih, berkat komunikasi dan koordinasi pembangunan gardu induk dapat dituntaskan, pemda sangat mengapresiasi kerjasama manis yang berbuah manis juga" Lanjutnya.

Diharapkan dengan adanya gardu induk ini kualitas kelistrikan dikabupaten luwu utara dapat semakin membaik.

Terkait dengan lomba memasak dengan tema "merdeka dari stunting dengan makanan bergizi" di ketahui bahwa angka stunting kabupaten Luwu Utara merupakan terendah kedua di SulSel. Angka stunting di SulSel sekitar 27,4 persen dengan target 9 persen  di tahun 2024, Luwu Utara sudah berada di angka 9 persen karena kolaborasi dan program konvergensi atau penyatuan program dengan metode by name by address.

"Apa yang kita lakukan bisa lebih jauh diatas target nasional untuk menurunkan angka stunting disulawesi selatan, terima kasih untuk apa yang kita hadirkan dikabupaten luwu utara, semoga dapat berfungsi dengan baik sehingga #powerbeyondgeneration dapat kita wujudkan agar setiap generasi dapat terlayani kelistrikannya dan memberi manfaat bukan hanya bagi masyarakat luwu utara tetapi masyarakat indonesia,"tutupnya.

  • Bagikan