Cara Warga Bulukumba Sambut Porprov; Sukarela Jadikan Rumah untuk Pemondokan Atlet dan Official

  • Bagikan
Salah seorang warga memasang spanduk pemondokan salah satu cabor kontingen Kota Makassar.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemondokan untuk atlet, official, dan perangkat pertandingan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) di Kabupaten Bulukumba dinyatakan siap. Menariknya, pemondokan murni inisiatif warga yang sukarela rumahnya menampung para atlet yang datang dari berbagai kabupaten di Sulsel.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba menyiapkan kurang lebih 25 rumah warga untuk masing-masing kabupaten yang membawa atletnya di Bulukumba. Rumah warga yang menjadi lokasi pemondokan tersebar di Kecamatan Ujungbulu dan Kecamatan Gantarang.
Di Kecamatan Ujungbulu disiapkan khusus untuk pemondokan atlet, official,  dan perangkat pertandingan kurang lebih 200 rumah.

Sementara di Kecamatan Gantarang pemondokan khusus atlet dan official kurang lebih 250 rumah warga.

Pemenuhan pemondokan atlet ini difasilitasi oleh pemerintah kecamatan masing-masing.

Menurut Camat Ujungbulu, Andi Ashadi, pemondokan atlet di kecamatannya secara keseluruhan adalah rumah-rumah warga.

Andi Ashadi mengungkapkan bahwa rumah warga tersebut dipinjamkan oleh warga secara sukarela.

"Inikan untuk Kabupaten Bulukumba, jadi Alhamdulillah warga secara sukarela meminjamkan rumahnya," katanya.

Terkait fasilitas seperti tempat tidur itu sudah termasuk dipinjamkan oleh pemilik masing-masing rumah.

"Sebelumnya memang ada yang rumah kosong, tapi itu tidak kita pakai karena tidak ada fasilitasnya. Semua rumah yang dijadikan pemondokan sudah termasuk fasilitasnya," kata Andi Ashadi.

Begitu juga dengan Camat Gantarang, Andi Nurgawati, menurutnya semua kontingen kabupaten peserta telah mengecek masing-masing pemondokan yang telah disiapkan.

Terkait jumlah kalau sebelumnya Gantarang diminta menyiapkan 20 - 25 rumah untuk satu kontingen, namun menurut Andi Nurgawati ada perubahan jumlah.

"Waktu rapat pertama dihitung 25 rumah setiap kabupaten, dan terdapat 10 kabupaten yang ditempatkan di Gantarang. Tapi ada perubahan karena ada yang dipindahkan ke kota (Kecamatan Ujungbulu) dan ada kabupaten yang meminta tambah pemondokan," tukas Andi Nurgawati. (ewa)

  • Bagikan