Pelajar SMPN 9 Lembang Berekspresi di Hari Pahlawan

  • Bagikan

PINRANG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Lagu Gugur Bunga, ciptaan Ismail Marzuki dinyanyikan oleh sekelompok pelajar SMPN 9 Lembang Kabupaten Pinrang tepat di momen Hari Pahlawan 10 November 2022. Puluhan pelajar mengenakan pakaian kebaya modern, sebagai tanda mengenang jasa Pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 di SMPN 9 Lembang menjadi lebih bermakna tahun ini.

Tema  “Pahlawanku Teladanku” menjadi tema nasional hari pahlawan dan diekspresikan oleh para pelajar SMPN 9 Lembang dengan mempersembahkan puisi, lagu dan fashion show.

Kegiatan dimulai dengan  Tarian Padduppa dipersembahkan oleh 5 pelajar yang tergabung dalam sanggar tari SMPN 9 Lembang di bawah asuhan Ika Wardana dan Anita. Kemudian lagu gugur bunga yang dibawakan oleh paduan suara komunitas siswa SMPN 9 Lembang, diiringi dengan pembacaan puisi “Senyum Pahlawanku” dan “Bambu Runcing” dibacakan berduet oleh siswa kelas 9, Risda dan Sukri. Fashion show dengan baju ala petani perempuan dan laki-laki, kebaya modern, baju bodo kemeja, dan jas, diperagakan oleh 30 pelajar. Bukan hanya siswa yang mempergakan busana, tapi juga diperagakan oleh Ketua Komite dan semua staf dan guru SMPN 9 Lembang. Selanjutnya Tarian “Pelajar Pancasila”, dipersembahkan oleh 7 penari.  Menyanyikan lagu Pelajar Pancasila, ciptaan Kikan dan Eka Gustiwana sebagai cerminan sumber daya manusia unggul melalui profil pelajar Pancasila, menjadi kegiatan pamungkas.

Pelaksana tugas UPT SMPN 9 Lembang, Nurhidayah Mantong, menjelaskan kegiatan  peringatan hari Pahlawan kali ini dikemas dalam ekspresi diri siswa sebagai bentuk meneladani pahlawan dengan semangat untuk mengembangkan diri menjadi pribadi yang percaya diri, senang berkolaborasi, berkarya, mandiri dan berpikir global.

"Siswa diberi kemerdekaan mengekspresikan dirinya dalam konteks Hari Pahlawan," ujar Nurhidayah kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

Sukri, salah satu siswa yang terlibat dalam acara ini menyatakan sangat senang dan bangga, meskipun acara peringatan hari Pahlawan sangat sederhana di sekolah, tapi apa yang dilakukannya hari ini sangat bermakna baginya. Sukri termotivasi untuk selalu berusaha menjadikan Pahlawan sebagai teladan baginya.  Begitu pun bagi Khalid, siswa yang senang dengan kegiatan seni, dapat memaknai hari Pahlawan dengan berkolaborasi bersama teman-temannya mempersiapkan acara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022. (nad)

  • Bagikan