Inovasi Mendidik Generasi Lampaui Ruang-ruang Kelas

  • Bagikan

PINRANG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Hari Guru Nasional (HGN) disemarakkan oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara Kabupaten Pinrang melalui acara Kemah HGN Guru Belajar 2022. Kegiatan kemah HGN ini menghadirkan peserta yang berasal dari guru-guru yang bertugas di Kecamatan Lembang di semua jenjang, anggota KGBN Pinrang dan Penggerak KGBN Pare-pare.  

Berlangsung selama dua hari Kemah HGN 2022 melakukan kegiatan Camping, TPD Spesial, Outbound dan Fun Games. Hari pertama, Sabtu 26 November 2022, tepatnya di SMK 9 Salopi, peserta mengikuti pelatihan  dalam kegiatan Temu Pendidikan Daerah.

Narasumber Putra Jaya Wiyuda, S.Pd, M. Pd memberikan materi pelatihan berupa Konten pembelajaran tanpa kuota yang menginovasi guru membuat konten pembelajaran yang dapat membuat peserta didik terampil dalam membuat produk belajar dalam bentuk komik yang bisa dipelajari secara offline.

Malam hari peserta melakukan camping, mendirikan tenda, dan berdiskusi tentang berbagai hal tentang inovasi pembelajaran di salah satu Spot Wisata, di Pantai Salpoi.

Hari kedua, peserta melakukan Outbound dengan bermain games di tepi pantai, kemudian merefleksikan diri sebagai guru dengan mengungkapkan satu kata yang dapat mewakili refleksi setiap peserta secara berpasangan.

Tujuan Kegiatan Kemah HGN 2022 sebagai implementasi program Komunitas Guru Belajar Nusantara Kabupaten Pinrang, yaitu Temu Pendidik Daerah khususnya dengan guru-guru dari Kecamatan Lembang. Adapun inovasi mendidik generasi melampaui ruang-ruang kelas, dimaksudkan agar guru berinovasi melakukan pembelajaran yang tidak harus selalu berada di ruang kelas. Contoh konkrit adalah pembelajaran dengan membuat komik, dimana aplikasinya berupa comicstrip tanpa kuota. Guru dan peserta didik dapat berbagi melalui Bluetooth dan peserta didik diberi kesempatan membuat naskah, mengambil dan mengkreasikan gambar di luar kelas atau di manapun yang membuat peserta didik nyaman berkreasi. Kolaboratif menjadi hal terpenting dalam pembentukan karakter peserta didik.

Andi Herry Arjun selaku Ketua Panitia, menjelaskan jika kegiatan ini diharapkan dapat menambah keterampilan guru untuk mengkreasikan pembelajarannya, dapat berbagi pengalaman dan praktik baik dengan sesama guru, mengakrabkan solidaritas serta melakukan refleksi.

Sukri Paroki, S.Kom, S.Pd, M.Pd, penggerak KGBN Pare-pare merasa bersyukur menjadi peserta Kemah HGN 2022 yang dapat memberinya banyak inspirasi dalam salah satu kegiatan yaitu Temu Pendidik Daerah. (daya)

  • Bagikan