HUT ke-15 Radar Selatan; Adaptasi, Kolaborasi, Tumbuh Bersama

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Ulang Tahun ke-15 RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID adalah momentum yang tepat bagi kita untuk terhubung kembali satu sama lain. Merekoneksi hubungan persaudaraan melalui tutur sapa langsung maupun lewat narasi yang dibangun melalui kerja-kerja jurnalistik dari  para reporter dan editor.

Alhamdulillah, tak terasa 15 tahun RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID telah mengisi ruang publik. Hadir dengan tampilan yang selalu berbeda. Menyegarkan, adaptif dengan perkembangan zaman dengan segala inovasinya. Dari koran cetak berkembang menjadi e-paper dan portal online. Dari halaman facebook sampai kanal-kanal youtube.

RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID  adalah bukti nyata bagaimana kemampuan organisasi media yang berada di lokal kabupaten mampu ‘bersuara’ hingga ke tingkat global. Tetap eksis meski berbagai komentar muncul tentang tibanya senja kala suratkabar.

Sebagai Direktur di PT Radar Bulukumba dan Pemimpin Redaksi di RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, saya menyaksikan sendiri betapa keras tim yang ada di RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID berjuang.

Disrupsi, pandemi dan macam-macam ujian yang datang berhasil dilewati. Saat semua terpuruk, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID hadir membawa semangat kolaborasi.   Menggandeng UMKM untuk sama-sama bangkit. Sama-sama bertumbuh kembali.

Itulah kenapa tema HUT ke-15 tahun ini adalah “Adaptasi, Kolaborasi dan Tumbuh Bersama”.

Sebagai institusi sosial, pers berkembang berdasarkan prinsip-prinsip jurnalisme yang diemban para pengelolanya. Prinsip dasar jurnalisme yang paling utama adalah kebenaran. Loyalitas pertama jurnalisme adalah pada warga masyarakat. Intisari jurnalisme adalah disiplin verifikasi.

Untuk bisa sampai di usia 15 tahun, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID tentu berupaya sekuat-kuatnya untuk melaksanakan semua prinsip jurnalisme dan tunduk pada Kode Etik Jurnalistik.

Kami juga tidak pernah berhenti menyampaikan bahwa media merupakan bagian dari model pentahelix yang patut diperhitungkan. Konsep ini melibatkan berbagai unsur masyarakat maupun lembaga non profit untuk mewujudkan inovasi. Di dalamnya ada  Akademisi (Academic), sektor swasta (Bussiness), Komunitas (Community), Pemerintah (Government), dan Media (Media).

Dalam konteks ini, akademisi pada model pentahelix berperan sebagai konseptor, sektor swasta berperan sebagai enabler, komunitas berperan sebagai akselerator, pemerintah berperan sebagai regulator  dan media berperan sebagai expender.

Itulah kenapa RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID berperan penting dalam sirkulasi informasi dan produksi berita yang bertanggungjawab.

Karenanya di usia 15 tahun ini kami sangat percaya diri untuk terus berdiri tegak. Menjadi teman dalam berjalan beriringan dan berkolaborasi. Menjadi bagian dari pembangunan yang terus bergerak.

Momen ini kami manfaatkan untuk menguatkan kembali relasi kita yang sempat berjarak karena pandemi. Kita banyak belajar dari krisis sebelumnya. Jawaban dari setiap persoalan salah satunya adalah bersinergi.  Dengan begitu kita bisa melangkah lebih jauh dan  melompat lebih tinggi.

Terima kasih atas komitmen dan cinta yang luar biasa agar kami bisa terus hadir di tengah-tengah masyarakat Sulsel.

Sejak  2008, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID  telah merekam beragam peristiwa dalam produk jurnalistik. Menghadirkan kisah-kisah inspiratif . Menjadi kawan berjuang bagi UMKM. Memberi suara bagi mereka yang tak bisa bersuara. Sekarang dan akan datang, tetaplah menjadi bagian dari saksi sejarah bersama kami. Salamaki tapada salama. (sunarti sain)

  • Bagikan