Takbir Obor Jadi Ciri Khas Lebaran di Dusun Salopi

  • Bagikan

PINRANG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Ratusan warga Salopi tumpah ruah di Jalan Poros Pinrang-Polman, tepatnya di Dusun Salopi Desa Binanga Karaeng Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang saat malam lebaran Idul Fitri 1444 H, 21 Maret 2023. Warga melakukan takbir keliling sambil membawa obor. Turut pula berpartisipasi puluhan santri TK/TPA Nurul Jannah Salopi. Kegiatan Takbir Obor ini adalah kali kedua dilaksanakan di Dusun Salopi setelah setahun sebelumnya juga dilakukan. Kegiatan ini diinisasi oleh Kerukunan Pemuda Dusun Salopi (KPDS) bekerjasama dengan Mesjid Nurul Jannah Salopi. Tema Takbir Obor tahun ini adalah merajut kekeluargaan dengan seribu cahaya bersatu. 

Kemeriahan terasa bermakna dengan lantunan takbiran beserta cahaya obor yang menerangi sepanjang perjalanan takbiran. Dengan berjalan kaki sambil memegang obor, peserta menempuh jarak sekitar 2 kilo. Mulai dari mesjid Nurul Jannah Salopi menuju daerah Tuncung kemudian berbalik menuju Pantai Salopi dan kemudian berakhir kembali di mesjid Nurul Jannah Salopi. Selain itu bunyi bedug juga ikut mewarnai lantunan takbiran obor ini. Iring-iringan pengendara motor turut mewarnai takbir obor ini. 

Ketua KPDS, Muhammad Muhajir  menjelaskan tujuan kegiatan Takbir Obor adalah untuk menjaga silaturrahmi warga Salopi, sehingga dapat tercipta harmonisasi dalam perbedaan, termasuk saling menghargai perbedaan keyakinan terkait hari pelaksanaan idul fitri. 

Sementara itu dari pihak TK/TPA Nurul Jannah Salopi, sangat mengapresiasi kegiatan Takbir Obor apalagi melibatkan santri, dan diharapakan santri memiliki pengalaman emosional dan suasana kebatinan malam takbiran. 

Kegiatan ini didukung oleh pemerintah setempat dan pihak kepolisian yang  menertibkan arus lalu lintas jalan Poros Pinrang Polman. (daya)

  • Bagikan