Tiga Jemaah Kloter 13 Wafat di Tanah Suci

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi – debarkasi UPG Makassar, Ali Yafid menyampaikan ungkapan duka cita mendalam atas wafatnya 3 jemaah haji asal Maluku Utara di Arab Saudi.

Ucapan duka ini disampaikan Ali Yafid ketika menerima dan menyerahkan jemaah haji kloter 13 kepada PPIH Daerah Provinsi Maluku Utara di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar pada Jumat malam 14 Juli 2023.

“Kloter 13 jemaah haji Maluku utara kita berangkatkan dari aula Mina ini 41 hari yang lalu sebanyak 393 orang, namun hari ini yang kembali hanya 390 orang. 3 orang tinggal selama-lamanya di Arab Saudi. Semoga almarhum dan almarhumah diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT. Ala hadiniyah walikulli niyyatin sholihah Al Fatihah,” ucap Ali Yafid menuntun hadirin membaca surah Al Fatihah

Adapun 3 jemaah haji asal Maluku Utara kloter 13 embarkasi – debarkasi Makassar yang meninggal di Arab Saudi atas nama Salemma Matta Samman (60), Wa Iba La Fusa Lambuleku (92) dan Lelo Topete Parsaja (75).

Lebih lanjut PLH Kepala Kanwil Kemenag Sulsel ini menyampaikan bahwa hingga tanggal 14 Juli 2023 ini, jumlah jemaah haji embarkasi Makassar yang telah dipulangkan ke tanah air sebanyak 4698 orang yang terbagi dalam 12 kloter, dan jumlah jemaah yang meninggal dunia sebanyak 39 orang.

Sejumlah pejabat Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara dan Kanwil Kemenag Maluku Utara hadir langsung di Aula Mina Asama Haji Makassar pada prosesi penyerahan jemaah kloter 13 ini, diantaranya Asisten I Pemda Maluku Karim Buamona, Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik, Wakil Ketua DPRD Maluku Utara, Ketua Tim Penggerak PKK Maluku Utara, Kabid PHU Kanwil Kemenag Maluku Utara beserta Kepala Kemenag Kabipaten Halmahera Selatan, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Asisten I Pemda Maluku Utara Karim Buamona ketika menerima secara resmi kloter 13 ini menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada PPIH embarkasi - debarkasi Makassar yang dinilainya telah bekerja maksimal dalam membantu segala proses pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Maluku Utara hingga tiba kembali di tanah air.

Karim Buamona juga menyampaikan bahwa seluruh jemaah haji Maluku Utara akan diinapkan di Asrama Haji Makassar kemudian diberangkatkan ke Ternate keesokan harinya. (rls)

  • Bagikan