Aleta Baju Bodo Hadir di Jeneponto, Penyewaan Pakaian Adat dengan Harga Murah

  • Bagikan
Ketua TP PKK Jeneponto Hamsiah Iksan didampingi owner Aleta Baju Bodo menggunting pita tanda dibukanya Galeri Aleta Baju Bodo di Jeneponto.

JENEPONTO, RADARSELATAN - Galeri Aleta Baju Bodo sebagai tempat penyewaan pakaian adat Bugis-Makassar, resmi dibuka dalam acara Grand Opening yang diadakan bertepatan dengan 1 Muharram di Jalan Pahlawan, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Rabu 19 Juli 2023.

Kehadiran Aleta Baju Bodo yang menyediakan berbagai macam pilihan pakaian adat ini, semakin melengkapi keragaman adat dan budaya di daerah berjuluk Butta Turatea ini.

Andi Ayu Lestari Muchtar, Owner Aleta Baju Bodo mengungkapkan bahwa dirinya sengaja membuka bisnis penyewaan pakaian adat ini bertepatan dengan 1 Muharram karena melihat momen dan makna pada hari itu. 

"Karena saya mau memulai yang baik-baik di awal tahun hijriah seperti ini. Jadi openingnya hari ini," kata Andi Ayu kepada RADARSELATAN, Rabu (19/7/2023).

Alasan dirinya membuka cabang di Jeneponto karena melihat daerah ini masih menjunjung tinggi  adat istiadatnya. Apalagi, Jeneponto mempunyai wilayah yang cukup luas. 

"Saya sering melakukan perjalanan Bulukumba -Makassar, dan paling panjang jalannya itu adalah Jeneponto. Saya tahu bahwa masyarakat Jeneponto  masih kental adatnya. Makanya saya melihat ada peluang di situ untuk bisnis penyewaan baju adat. Alhamdulillah hari ini saya bisa membuka cabang di Jeneponto," jelasnya. 

Di galeri Aleta Baju Bodo, kata dia, terdapat berbagai macam busana modern dan lokal.

"Busana baju bodo itu terdiri dari baju bodo modern, jas tutup, baju bodo anak, dewasa, jas tutup anak-anak juga ada," katanya. 

Untuk harga sewanya sendiri, kata Ayu, sangat terjangkau karena mulai harga Rp 50 ribu sampai dengan Rp 150 ribu sekali pakai. Namun, karena masih baru, pihaknya memberi diskon 50 persen.

Pengusaha muda tersebut menilai, bahwa baju bodo merupakan warisan yang patut diapresiasi dan dilestarikan.

"Melalui galeri ini kami berharap dapat meningkatkan kesadaran akan keindahan dan nilai budaya baju bodo. Kami telah berusaha keras untuk mengoleksi baju bodo yang terbaik dan terbaru untuk bapak ibu nikmati," ungkapnya.

Menurut dia, setiap baju bodo yang ada di galerinya adalah hasil pengrajin lokal yang sangat berbakat. Dengan begitu, Ayu berharap karya pengrajin lokal dapat dihargai. 

"Kami berharap melalui Galeri ini ibu dan bapak dapat menghargai keindahan dan keahlian mereka serta mendukung industri masyarakat lokal," terangnya.

Di sela-sela acara, agen travel Qiblatin juga memberi promo diskon umrah sebesar 50 persen untuk 10 orang tamu undangan. Hal tersebut justru menarik perhatian sejumlah tamu undangan. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Jeneponto Hamsiah Iksan yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan, ucapan selamat atas hadirnya Galeri Aleta Baju Bodo. 

"Selamat dan sukses semoga ini bisa menambah dan meningkatkan  perekonomian di Kabupaten Jeneponto," pungkasnya. (Andi Muh Akbar Razak)

  • Bagikan