Doko-doko Ganyong Antar TP PKK Bulukumba Raih Juara I Festival Pangan B2SA Tingkat Sulsel

  • Bagikan
Ketua TP PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar bersama pengurus dan anggota TP PKK usai menerima Piala Festival Pangan B2SA Tingkat Provinsi Sulsel.

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba  berhasil meraih Juara I pada Festival Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan untuk Kategori Menu Kudapan. Di Festival B2SA ini, TP PKK Bulukumba menyajikan menu kudapan Doko-doko Tepung Ganyong dengan  menu utama Nasi Sorgum dan Pampis Tongkol Asap.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba, Andi Herfida Muchtar mengucapkan terima kasih atas kerja keras TP PKK Bulukumba yang melakukan inovasi dari pangan lokal. Andi Herfida juga hadir langsung memberi semangat kepada TP PKK Bulukumba berlomba di Baruga Karaeng Patingaloang, Makassar. Tidak hanya menyajikan menu B2SA, peserta juga mendemonstarikan cara mengolah menu yang disajikan melalui live cooking di Baruga Karaeng Patingaloang, Selasa 25 Juli 2023.

Andi Herfida Muchtar menuturkan, untuk menu B2SA, Kabupaten Bulukumba sengaja menyuguhkan olahan dari bahan lokal berupa sorgum dan ganyong.  

"Hari ini Kabupaten Bulukumba ikut serta pada Festival Pangan B2SA, di mana kami menyuguhkan nasi sorgum sebagai menu utama karena sorgum adalah pangan lokal yang ada di Bulukumba dengan  kandungan gizi yang sangat baik. Tidak hanya karbohidrat tapi juga kaya protein,” ujar Andi Herfida yang didampingi pengurus TP PKK Bulukumba.

Sorgum sendiri sedang dikembangkan di Kabupaten Bulukumba dan saat ini dinilai berhasil karena cocok dengan kondisi daerah tropis.

Saat penjurian, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memuji inovasi yang dilakukan TP PKK Bulukumba. Andi Sudirman yang didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sulsel Naoemi Octarina bahkan sengaja mencicipi beberapa menu yang disajikan TP PKK Bulukumba di Festival B2SA ini.

Pada Festival Pangan B2SA, ada empat kategori lomba, yakni menu B2SA, menu kudapan, menu olahan kering dan menu olahan basah.

Ditambahkan Andi Herfida, keikutsertaan PKK Kabupaten Bulukumba dalam Festival B2SA  untuk memberikan contoh gizi yang cukup kepada masing-masing usia. Gizi yang seimbang dan berkecukupan yang dapat ditiru nantinya oleh TP PKK desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba.

"Kita beri contoh seperti apa menu yang memenuhi gizi yang cukup kepada masing-masing usia. Tidak hanya bergizi tapi juga seimbang dan berkecukupan yang dapat ditiru nantinya oleh TP PKK desa/kelurahan," tuturnya.

Pada momen tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina menyampaikan, Festival Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Pangan Lokal merupakan salah satu ajang promosi dan termasuk pengembangan dalam rangka mendukung konsumsi pangan B2SA bagi masyarakat untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari.

"Melalui Festival Pangan B2SA, kita berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat dalam prinsip B2SA dalam memanfaatkan bahan-bahan lokal, mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat dalam mengembangkan bahan lokal yang tersedia," pungkasnya.

Naoemi berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memaksimalkan bahan pangan lokal untuk pemenuhan gizi B2SA bagi masyarakat. TP PKK Bulukumba tidak hanya membawa pulang trophy Juara I untuk Menu Kudapan, tapi juga mendapatkan sepeda yang diberikan Gubernur Sulsel sebagai hadiah tambahan. (nad)

  • Bagikan