Kisah Karoma, Nelayan Disabilitas yang Menerima Bantuan Pertukangan dari Baznas Bulukumba

  • Bagikan
Baznas Kabupaten Bulukumba memberikan bantuan alat pertukangan untuk meningkatkan produktivitas pekerjaannya sebagai tukang kayu dan juga membuka peluang baru untuk usaha yang lebih berkelanjutan.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Namanya Karoma. Seorang nelayan disabilitas yang berasal dari Kelurahan Dannuang, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan. Setiap hari ia menghabiskan waktunya di pesisir laut Bulukumba.

Untuk menunjang pekerjaannya sebagai nelayan, Karoma juga dikenal sebagai tukang kayu yang mahir dalam pembuatan perahu.

Ia telah membantu banyak nelayan setempat dengan membuat perahu yang kokoh dan handal untuk melaut.

Namun, sebagai seorang disabilitas, Karoma seringkali menghadapi keterbatasan dalam hal peralatan pertukangan. 

Bapak Karoma telah lama berjuang sebagai tulang punggung keluarganya dengan berprofesi sebagai nelayan dan tukang kayu yang membuat perahu bagi nelayan sekitarnya.

Dengan kondisi Karoma, Baznas Bulukumba pun mengambil langkah dalam upaya untuk memberikan dukungan dan meringankan perjuangan Karoma.

Baznas Kabupaten Bulukumba memberikan bantuan alat pertukangan. Alat-alat pertukangan ini akan membantu bapak Karoma dalam meningkatkan produktivitas pekerjaannya sebagai tukang kayu dan juga membuka peluang baru untuk usaha yang lebih berkelanjutan.

Rasa haru dan syukur, seketika nampak dari wajahnya yang tak mudah lagi saat tim Baznas menyambangi kediamannya untuk menyerahkan bantuan.

"Dengan alat pertukangan baru ini, saya akan dapat bekerja lebih baik dan saya berharap dapat membantu lebih banyak nelayan dalam memperbaiki perahunya," ucapnya penuh semangat.

Dia berharap dapat terus berkontribusi bagi masyarakat setempat dengan keahliannya dalam pembuatan perahu dan kerajinan kayu.

Ketua Baznas Kabupaten Bulukumba, Kamaruddin, mengatakan Baznas sangat terinspirasi dengan perjuangan Karoma.

"Kami sangat menghargai perjuangan bapak Karoma dan merasa terinspirasi oleh dedikasinya telah bekerja keras meskipun dalam kondisi disabilitas. Kami berharap bahwa bantuan ini akan membantu memperbaiki kualitas hidupnya dan memberikan kesempatan baru," tambahnya.

Bantuan ini adalah salah satu contoh bagaimana lembaga seperti Baznas Bulukumba dapat memainkan peran penting dalam membantu individu yang membutuhkan, seperti Karoma, untuk mencapai kemandirian ekonomi dan menjalani kehidupan yang lebih bermakna. Semoga bantuan ini menjadi langkah awal menuju masa depan yang lebih cerah bagi  Karoma dan keluarganya. (*)

  • Bagikan