Musim Hujan Diprediksi Akhir November”Keterlambatan Transisi Musim”

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Wilayah Kabupaten Bulukumba dan sekitarnya diprediksi akan memasuki musim penghujan mulai akhir November 2023.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Akrim Amier menyampaikan prediksi tersebut berdasarkan hasil kajian Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulsel.

"Berdasarkan ramalan BMKG Bulukumba diprediksi masuk musim hujan akhir bulan November," ungkap Akrim saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Senin, 13 November 2023.

Akrim menjelaskan awal musim hujan ditandai dengan peristiwa turun hujan pada 10 hari pertama dan 20 hari berikutnya. Curah hujan yang dihasilkan juga harus melebihi batasan yang telah ditetapkan BMKG.

"Tapi (hingga saat ini) ada beberapa kabupaten termasuk Bulukumba masih mengalami curah hujan rendah berdasarkan ramalan BMKG," tambahnya.

Jika prediksi BMKG terkait musim penghujan tiba di akhir November 2023 ini tepat, maka puncak musim penghujan diprediksi terjadi Januari 2024 mendatang.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa berdasarkan pengamatan BMKG, wilayah Sulsel sudah mengalami keterlambatan perpindahan musim selama 20 hari.

Musim kemarau ini juga menyebabkan sejumlah wilayah Kabupaten Bulukumba dilanda krisis air bersih, sehingga sampai saat ini pihak BPBD masih menyalurkan air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Akrim memaparkan bahwa mulai awal kemarau hingga saat ini pihaknya sudah menyalurkan lebih dari 1 juta liter air bersih ke masyarakat.

"Tiap hari petugas kami menyuplai air bersih ke masyarakat yang membutuhkan. Ini akan terus kami lakukan sampai tiba musim penghujan," imbuh Akrim. (ewa/has/B)

  • Bagikan