Kapasitas Personel Tagana Bulukumba Ditingkatkan

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN -- Personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bulukumba tengah mengikuti pelatihan intensif untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menangani bencana. Pelatihan dipusatkan di Kantor Dinas Sosial Bulukumba mulai 15 November 2023.

Pelatihan bertajuk Peningkatan Kapasitas dan Penguatan Kompensi Tagana itu menarik perhatian Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf yang hadir untuk membuka kegiatan.

Dalam seremonial pembukaan pelatihan, Wakil Bupati Andi Edy Manaf menyampaikan apresiasinya terhadap peran Tagana dalam upaya penanganan dan pencegahan bencana di Kabupaten Bulukumba.

Edy menekankan pentingnya kesiapsiagaan Tagana dalam menghadapi tantangan bencana yang mungkin terjadi di Kabupaten Bulukumba.

Edy Manaf juga menyampaikan harapannya bahwa pelatihan ini akan memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kapasitas serta profesionalisme Tagana.

"Dengan keterampilan yang ditingkatkan, kami yakin Tagana akan semakin efektif dalam mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam menghadapi potensi bencana," ujar Edy Manaf.

Koordinator Tagana Bulukumba, Padli menyampaikan pelatihan tersebut dijadwalkan berlangsung hingga 17 November 2023.

Padli memaparkan pelatihan tersebut diikuti sedikitnya 38 peserta yang merupakan personel Tagana Bulukumba.

Peserta pelatihan dibekali materi tentang kebencanaan serta metode pertolongan saat terjadi bencana. Yang dibawakan langsung oleh Tagana Khusus (Tagsus) baik itu dari Bulukumba juga dari Provinsi.

"Dalam pelatihan ini peserta juga dibekali fisik mental, kerja sama dan kekompakan tim," beber Padli.

Padli berharap degan pelatihan ini dapat memperkuat sinergi antara Tagana dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tanggap terhadap bencana. (ewa/has/B)

Penulis: BASO MAREWA Editor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan