GEMINI dan Kemenpora Latih 100 Pelajar dan Mahasiswa Siaga Bencana

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Gerakan Milenial Independen Indonesia (GEMINI) didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI menggelar Pelatihan Siaga Bencana untuk pelajar dan mahasiswa, Minggu 19 November 2023. Pelatihan yang melibatkan 100 pemuda di Makassar ini digelar di Hotel Lynt.

Pelatihan Siaga Bencana kali ini mengusung tema "Edukasi Peran Pelajar/Generasi Milenial terhadap Siapa Bencana". Hadir empat narasumber pada pelatihan ini yakni Andi Sri Rahayu dari Tagana Sulsel, Aflina Mustafainah (Ketua YPMP Sulsel), Sunarti Sain (Pemimpin Redaksi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID), dan Dr Hj. St. Nusra Azis (akademisi). Sementara Keynote Speaker menghadirkan Misnah Hatta.

Founder GEMINI, Nurjannah saat pembukaan mengatakan, generasi muda harus memiliki empati dan kepedulian. Terutama saat bencana terjadi. "Tidak hanya punya kepedulian untuk membantu dan meringankan beban korban bencana, tapi juga pemuda harus memiliki pengetahuan dan wawasan soal kebencanaan," ujarnya.

Sementara Andi Sri Rahayu dari Tagana Sulsel menyampaikan beberapa hal yang perlu dilakukan saat terjadi bencana. "Yang paling utama adalah jangan panik. Selalu berpikir untuk menyelamatkan diri dahulu baru menyelamatkan orang lain," ujarnya. Sri Rahayu juga menyampaikan dua jenis bencana yang biasa terjadi di Indonesia. Yakni bencana alam dan bencana non alam. Sementara Aflina menyebutkan bahwa selain bencana alam dan bencana non alam, sebenarnya ada juga yang disebut dengan bencana sosial. Aflina bahkan menyebut bahwa saat bencana alam terjadi, banyak sekali kebutuhan perempuan dan anak yang tidak bisa terpenuhi.

Sunarti Sain yang memberikan materi dari perspektif media menyebutkan bahwa saat ini, di era tsunami informasi, setiap kali bencana terjadi, selalu diikuti dengan merebaknya hoax soal bencana. "Hoax itu paling sering muncul pada musim Pemilu, saat ada isu kesehatan seperti bencana covid yang lalu dan saat terjadi bencana alam," ujarnya.

Karenanya Sunarti Sain meminta pemuda menjadi generasi yang sadar bencana tidak hanya dengan memiliki kesadaran, pengetahuan, tapi juga menjadi agen untuk melawan hoax.

Pelatihan Siaga Bencana yang digelar GEMINI juga diikuti oleh Asisten Deputi Kepeloporan Pemuda Bidang Pengembangan Pemuda Kemepora RI Drs Zainal Aminim M.Pd M.Si yang membuka kegiatan secara virtual. (nad)

  • Bagikan