Disparbud Sinjai Adakan Pelatihan Pemandu Wisata Budaya

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sinjai menggelar pelatihan pemandu wisata budaya, Senin, 27 November 2023 di Gedung Pertemuan Sinjai.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Asisten Perekonomian Setdakab Sinjai, Andi Ilham Abubakar.

Kepala Disparbud Sinjai, Tamzil Binawan mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi para pemandu wisata budaya agar dapat meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan pemanduan wisata kepada wisatawan.

“Kegiatan akan berlangsung selama 4 hari hingga tanggal 30 November 2023 dengan

diikuti sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari pemandu wisata budaya yang sudah berpraktik,” ucapnya.

Sementara itu, Andi Ilham dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan pemandu wisata budaya ini yang dinilai memberikan bekal kepada para pengelola objek wisata budaya dengan pengetahuan dan keterampilan.

Menurutnya, pelatihan ini akan membentuk peserta menjadi pemandu wisata yang luar biasa dalam menginformasikan kekayaan budaya kepada para wisatawan yang berkunjung dalam memperkenalkan dan melestarikan cagar budaya kita.

“Oleh karena itu melalui pelatihan ini, mari kita jadikan setiap perjalanan sebagai sesuatu yang tak terlupakan, menginspirasi orang lain untuk mencintai dan merawat warisan budaya yang kita cintai dan mari kita jalin komunikasi, berbagi pengalaman satu sama lain untuk memperkaya pengetahuan kita tentang budaya yang menjadi kebanggaan kita bersama.” harapnya.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri dari Unhas, Pemandu Wisata dan Ahli Cagar Budaya. Kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. (mul/has/B)

  • Bagikan