Satap Capai 95 Persen, Siap Tampung Delapan OPD

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN -- Pembangunan Kantor Satu Atap (Satap) Pemerintah Kabupaten Bulukumba memasuki tahap penyelesaian atau telah mencapai progres 95 persen.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Bulukumba, Andi Zulkifli Indrajaya mengungkapkan bahwa pembangunan Satap sebentar lagi rampung.

"Proses finishing beberapa bagian seperti pemasangan kaca dan plafon yang belum terpasang, untuk bagian luar gedung tinggal pengaspalan area halaman gedung," papar Andi Zulkifli saat dikonfirmasi, Selasa, 28 November 2023.

Kifli sapaan Andi Zulkifli menyampaikan bahwa batas akhir kontrak proyek Satap tahap kedua atau tahap finishing tersebut sampai 12 Desember 2023.

Kifli mengungkapkan bahwa terdapat delapan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipersiapkan di kantor Satap.

"Untuk OPD yang akan berkantor bukan menjadi kewenangan kami yang menentukan, tapi untuk daya tampungnya, gedung satap mampu menampung sampai 8 OPD," kata Kifli.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf juga sempat mengecek langsung seluruh pekerjaan di setiap lantai, mulai lantai 1 sampai lantai 4, beberapa waktu lalu.

Saat itu para pekerja menyelesaikan item pekerjaan pemasangan plafon dan pemasangan rangka partisi ruangan, serta beberapa pekerjaan interior lainnya.

Begitu juga saluran drainase keliling Satap sementara dikerjakan. Saluran drainase menggunakan pra cetak beton U-Ditch sehingga tampak lebih rapi dan kokoh.

Didampingi PPK Satap, Nurmansyah, Bupati Andi Utta ingin memastikan pekerjaan penyelesaian Satap memiliki kualitas yang bagus. Bahkan tampak Andi Utta memberikan arahan teknis untuk mengatasi titik pekerjaan yang dinilai masih kurang bagus.

Menurut Mancha sapaan akrab Nurmansyah gedung Satap itu merupakan prototipe gedung modern sebagaimana gedung gedung di kota besar.

Di mana, Gedung berlantai 4 ini dilengkapi lift. Lantai 2 dan 3 sebagai kantor OPD sementara di lantai 4 atau top floor adalah ruang pertemuan dan food court.

Selain tangga di bagian dalam, di sisi kanan kiri gedung juga terdapat tangga yang dapat digunakan pengunjung untuk naik ke food court. Dari top floor kita bisa menikmati pemandangan kota Bulukumba dari atas termasuk melihat perairan laut Bulukumba.

Andi Utta mengaku Gedung Satap ini akan menjadi kado istimewa Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke 64 pada Februari 2024 mendatang.

"Insya Allah bapak Pj Gubernur akan meresmikan gedung Satap ini," singkatnya.

Untuk diketahui pembangunan Satap ini dikerjakan dalam 2 tahap. Tahap pertama pekerjaan konstruksi tahun 2022 dengan anggaran Rp23 miliar dan dilanjutkan tahun 2023 untuk penyelesaian gedung dengan anggaran Rp30 miliar.

Di atas gedung terdapat Kapal Pinisi yang merupakan sumbangsih dari para pengusaha atau Panrita Lopi dari Kecamatan Bontobahari. (*)

  • Bagikan