Bentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui LDK 

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Aliyah Ponpes Babul Khaer Bulukumba, menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) kepada calon pengurus. Kegiatan yang diikuti 70 siswa itu berlangsung di Pelataran Ponpes, mulao Senin 4 sampai 5 Desember 2023.

Kepala MA Ponpes Babul Khaer Bulukumba, Syamsuddin mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pemimpin santri di masa depan. Latihan dasar kepemimpinan adalah kegiatan penting dalam membentuk karakter pemimpin.

"Dalam pelatihan ini, peserta akan diajarkan tentang nilai-nilai kepemimpinan seperti integritas, tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama," ujarnya.

Syamsuddin menyampaikan santri masa kini tidak cukup hanya dibekali ilmu agama saja. Perlu adanya pembekalan tambahan seperti manajemen organisasi, mengenalkan mereka dengan dinamika organisasi untuk membentuk pribadi yang berpikir, kritis, berjiwa ulul albab, mampu memetakan potensi dan bakat melalui pengenalan tentang entrepreneurship, softskill.

"Kita semua harus yakin akan hal tersebut, karena sejatinya personal branding santri ini lahir dari pembentukan yang tidak sebentar dan tidak instan, maka dari itu melalui LDK ini insya’allah kita akan menyongsong ke arah yang kita cita-citakan," jelasnya.

Melalui LDK ini, Syamsuddin berharap akan ada output serta input dari pelaksanaan kegiatan ini, bukan hanya sekedar seremonial diklat OSIS saja, harus ada aksi nyata dan itu semua dibuktikan setelah pelantikan dengan menjalankan program kerja selama setahun dengan baik dan sungguh-sungguh.

"Terlebih lagi diharapkan dengan ini terbentuk jiwa kepemimpinan dimana para siswa sebelum memimpin orang banyak mampu memimpin diri sendiri," tutupnya.(***)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan