17 Guru di Bulukumba Lolos Pengajar Praktik

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 17 guru di Kabupaten Bulukumba berhasil  lolos Pengajar Praktik (PP) Pendidikan Guru Penggerak angkatan 10 tahap II. Hal tersebut berdasarkan pengumuman yang disampaikan Kemendikbud, Rabu 27 Desember 2023.

Salah satu guru yang berhasil lolos, Asmawati menceritakan awal keberhasilannya sebagai PP pertama mulai daftar di Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan (SIM PKB). Ia mengikuti ujian seleksi tahap 1 membuat Essai dan tahap 2 wawancara.

"Setelah lolos kedua tahap diatas, kami ikut pembekalan lagi selama 15 hari, dan jika lulus pembekalan, maka kami baru di nobatkan sebagai Pengajar Prakter angkatan 10

Alhamdulillah terdapat 17 guru di Bulukumba dari berbagai jenjang berhasil lolos PP," ujarnya, Rabu 27 Desember 2023.

Asma sapaan akrabnya menyampaikan Pengajar Praktik Guru Penggerak merupakan salah satu komponen dari bagian Program Pendidikan Guru selain Guru penggerak dan Fasilitator. Tugas utamanya adalah sebagai pendamping guru penggerak dalam proses pendidikan Guru Penggerak. 

"Praktik pengajar juga berperan sebagai orang yang berbagi praktik baik, mengevaluasi dan memberikan umpan balik (feed back) kepada calon guru penggerak selama pendidikan yaitu 6 bulan," tambahnya.

Asma juga menyebutkan tugas pengajar praktik guru mencakup berbagai aspek dalam pembelajaran. Bertanggung jawab untuk memperkenalkan guru muda dengan praktik mengajar yang efektif dan inovatif.

Kemudian embantu dalam mengembangkan rencana pembelajaran yang memenuhi kebutuhan siswa serta mengukur dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Dalam melakukan tugas mereka, pengajar praktik guru penggerak harus memiliki kemampuan interpersonal yang kuat, kemampuan analisis yang baik, serta kepedulian yang tinggi terhadap perkembangan siswa.

"Harapan saya tentunya bagaimana guru penggerak kedepannya mampu memberikan pengalaman belajar yang berkualitas dengan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk belajar dan berlatih secara langsung, sehingga mereka dapat memahami konsep dan aplikasi dalam situasi nyata. Bagaimna guru penggerak kedepannya mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didiknya," tuturnya.(sum/man/b)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan