Tanah Longsor Landa Kelurahan Borongrappoa

  • Bagikan
Kondisi jalanan pasca Tanah Longsor di Kelurahan Borongrappoa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Senin, 22 Januari 2024.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Tanah longsor melanda Lingkungan Baturapa, Kelurahan Borongrappoa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba pada Selasa malam, 21 Januari 2024. Peristiwa ini menyebabkan akses jalan poros Borongrappoa-Kindang terputus karena tanah menimbun jalanan.

Diduga, tanah longsor dipicu oleh air sungai yang meluap akibat hujan deras di sekitar Kecamatan Kindang. Meskipun menyebabkan kerugian materil signifikan bagi pemilik lahan, beruntungnya, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan terkait peristiwa ini.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Andi Zulkifli Indrajaya, telah mengirimkan pasukan untuk menangani kejadian tersebut. Bersama warga setempat, mereka berhasil membuka kembali akses jalan yang sebelumnya tertimbun oleh tanah longsor.

Andi Zulkifli menekankan kewaspadaan terhadap potensi longsor susulan dan telah mengimbau warga serta pengendara untuk tetap waspada. Dalam mengantisipasi bencana lebih lanjut, pihak BPBD Bulukumba telah menyiagakan personel dan memastikan perlengkapan kerja berfungsi dengan baik.

"Upaya yang dilakukan dengan menyiagakan seluruh personel dan memastikan seluruh perlengkapan kerja berfungsi dengan baik," kata Andi Zulkifli.

Pihak berwenang terus melakukan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada menghadapi situasi kebencanaan, terutama di daerah yang sering terkena dampak cuaca ekstrem. Masyarakat diimbau untuk mengantisipasi dampak lebih lanjut jika terjadi curah hujan lebat. ****

  • Bagikan