Tingkatkan Kapasitas PPK dan PPS Melalui TOT

  • Bagikan
Bimtek pembentukan KPPS dan TOT fasilitator

Tingkatkan Kapasitas PPK dan PPS Melalui TOT

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba melaksanakan bimbingan teknis pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Training of Trainers (TOT) Fasilitator PPK dan PPS dalam bimbingan teknis KPPS untuk Pemilu tahun 2024. Kegiatan tersebut, berlangsung di RMB Bulukumba, Rabu 24 Januari.

Ketua KPU Bulukumba, mengatakan Asbar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan para penyelenggara.

" Jika berbicara mengenai TOT,  artinya berbicara tentang kesiapan PPK dan PPS untuk menjadi trainer dalam bimtek Kpps nantinya, karena dalam beberapa hari kedepan akan ada Bimtek KPPS," katanya.

Selain itu, KPPS akan menjadi tulang punggung di hari H, sehingga KPPS ini harus benar-benar menjadi orang yang berkualitas berdasarkan transfer ilmu  dari  PPK dan PPS.

" KPPS akan menjadi ujung tombak, jadi KPPS benar-benar harus orang yang berkualitas," jelasnya.

Selain itu, lanjut Asbar, dalam kerja-kerja kepemiluan  diharapkan agar PPK dan PPS  bertanggungjawab, agar tujuan demokrasi bisa tercapai dengan baik.

"  Teman-teman penyelenggaran sekalian juga harus menjaga integritas, kemudian juga harus selalu upgrading ilmu atau pengetahuan," harapnya,

Sementara itu Anggota KPU Bulukumba, Rakhmat Fajar menambahkan, salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas penyelenggara, maka seorang penyelenggarq harus memahami setiap peraturan-peraturan atau perundang-undangan.

" Kapasitas penyelenggara memang perlu ditingkatkan, hal ini dimaksudkan agar para penyelenggara itu benar-benar siap. Karena keberhasilan Pemilu berada ditangan penyelenggara, olehnya itu teman-teman penyelanggara harus bertanggung jawab dan menjaga integritas," tutupnya. (Ria/has/B).

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan