RCC Fest Vol 2 Bulukumba: Warnai Ramadan, Majukan UMKM

  • Bagikan
Suasana menjelang buka puasa di RCC Fest Vol 2 Bulukumba, Kamis, 21 Maret 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Melewati momentum Ramadan di Kabupaten Bulukumba akan lebih berwarna jika berkunjung ke Ramadhan Clothing and Culinary Festival (RCC Fest) yang berlokasi di halaman Gedung Bersama, Jalan S Majidi, Kelurahan Terang-terang, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba.

Event yang buka setiap hari sebelum waktu berbuka puasa tersebut menjadi tempat yang ideal untuk ngabuburit. Selain menyajikan beragam menu buka puasa, panggung musik turut hadir untuk menghibur pengunjung menunggu waktu berbuka.

Selain sebagai tempat berbuka puasa, RCC Fest juga menjadi tujuan di malam Ramadan setelah Tarawih. Berbagai kegiatan seperti pertunjukan musik, talkshow, lomba, dan games berhadiah disiapkan untuk pengunjung agar betah berlama-lama di sana.

RCC Fest tidak sekedar memeriahkan bulan Ramadan, tetapi pada dasarnya kegiatan tersebut merupakan upaya untuk memberdayakan UMKM di Kabupaten Bulukumba.

Ketua Panita RCC Fest, Ayu Lestari Hidayat, memaparkan bahwa terdapat lebih dari 50 UMKM yang terlibat dalam RCC Fest 2024 ini.

"UMKM kuliner ada sekitar 43, UMKM Fashion ada 12 yang terlibat. Dan sebenarnya masih banyak lagi yang di daftar tunggu yang belum terwadahi," urai Ayu saat ditemui RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID di lokasi kegiatan, Kamis, 21 Maret 2024.

Ayu menjelaskan bahwa RCC Fest digelar untuk mewadahi pelaku UMKM sebagai upaya peningkatan kesejahteraan dan kemajuan UMKM yang ada di Kabupaten Bulukumba.

RCC Fest, yang merupakan acara tahunan, kembali digelar setelah sukses pada tahun sebelumnya di GOR Bulukumba. Dengan lokasi yang lebih luas, RCC Fest tahun ini menampilkan lebih banyak tenan dan kegiatan.

"Tahun lalu di GOR itu hanya sekitar 30 tenan yang kita siapkan. Kalau tahun ini lebih banyak lagi karena lokasinya juga lebih luas," ungkap Ayu.

Ayu mengaku sangat bangga dan bersyukur atas antusias baik itu dari pelaku UMKM yang terlibat maupun dari masyarakat yang datang berkunjung.

Khususnya pengunjung, sejak dimulai pada 16 Maret 2023 antusiasme pengunjung sejauh ini sangat tinggi, rata-rata tidak kurang dari seribu pengunjung tiap harinya.

"Kalau di tenan saya saja kemarin ada sekitar 200 pengunjung, kalau kita rata-ratakan secara keseluruhan mungkin ribuan pengunjung," paparnya.

RCC Fest ini akan memeriahkan Kabupaten Bulukumba hingga 6 April 2024, rencananya di acara penutupan panitia akan menghadirkan artis sebagai bintang tamu.

Kegiatan RCC Fest ini mendapatkan apresiasi khusus dari Wakil Bupati (Wabup) Bulukumba, Andi Edy Manaf yang juga hadir langsung membuka kegiatan pada 16 Maret 2024, beberapa hari lalu.

Andi Edy Manaf menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini patut didukung dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bulukumba.

Bahkan salah satu hal yang membuat perekonomian di Kabupaten Bulukumba dapat stabil sejauh ini tidak terlepas dari kontribusi UMKM.

Andi Edy mengungkapkan bahwa UMKM merupakan bentuk kemandirian masyarakat yang sudah seharusnya didukung dan diwadahi dengan baik.

"Kami menekankan pemberian akses yang lebih muda kepada UMKM untuk mendapatkan pembiayaan agar dapat mengembangkan usahanya, tentunya dengan dibekali pelatihan dan keterampilan serta regulasi yang mendukung perkembangan UMKM itu sendiri," ujarnya. ****

  • Bagikan