Saling Berkunjung Menjadi Tradisi Usai Lebaran

  • Bagikan
Lebaran adalah momen yang penuh bahagia, dengan saling bertemu dengan antar keluarga maka bisa saling bertukar cerita.

Lebaran atau hari raya idul fitri maupun idul adha menjadi salah satu hari yang sangat dinantikan oleh umat muslim. Ada satu rutinitas atau tradisi yang sangat identik dilaksanakan usai perayaan lebaran. Salah satunya adalah saling berkunjung antar keluarga.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan sehingga tradisi saling berkunjung terus terjaga, misalnya berbagi kebahagian, momen lebaran adalah momen yang penuh bahagia, dengan saling bertemu dengan antar keluarga maka bisa saling bertukar cerita. 

Tidak hanya itu, alasan lainnya adalah bersilahturahmi, dalam ajaran agama menjaga tali persaudaraan itu sangat penting. Mengunjungi adalah salah satu cara merawat tali persaudaraan.

"Jadi ini adalah moment dimana kita bisa berkumpul dengan keluarga, memperkuat ikatan keluarga, memupuk silaturahmi dan meningkatkan keberkahan hidup, apa lagi keluarga yang tinggalnya jauh atau perantau momen inilah yang di tunggu berkumpul dengan keluarga," kata salah seorang warga, Aril.

Melalui kegiatan seperti ini anak-anak mendapat kesempatan untuk mengenal anggota keluarga besar mereka yang telah lama tinggal jauh dari keluarga.

" Kakek-nenek, semua anggota keluarga akan berkenalan dengan kehadiran orang baru di keluarga seperti setelah kelahiran atau pernikahan," bebernya.

Selain itu, berkunjung ke rumah saudara, yang jauh maupun dekat, membuat hubungan keluarga semakin erat. Bertamu ke rumah keluarga, makan-makan, hingga mengobrol bersama. (*)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan