Pemdes Anrang Salurkan BLT-DD Tahap I

  • Bagikan
Penyaluran BLT-DD di Desa Anrang, Kecamatan Rilau Ale.

RILAU ALE,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Anrang, Kecamatan Rilau Ale, menyalurkan BLT-DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) tahap pertama. Bantuan yang disalurkan tersebut untuk bulan Januari, Februari dan Maret.

Kaur Keuangan Desa Anrang, Muhammad Risman mengatakan, BLT-DD di Desa Anrang, diberikan kepada 16 KK yang telah ditetapkan sebagai KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

"Pada proses penetapan KPM BLT-DD di Anrang, tidak ditetapkan begitu saja. Melainkan diusulkan melalui musyawarah, kemudian diverifikasi. Selanjutnya ditetapkan melalui musyawarah," katanya, Rabu, 3 April 2024.

Menurutnya, BLT-DD di programkan oleh desa, sebagai upaya penanganan kemiskinan ekstrim. Pengalokasian anggaran desa untuk BLT-DD diatur dalam Permendagri tentang prioritas penggunaan anggaran desa.

"Sehingga kami berharap agar para KPM memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang diterimanya, tidak digunakan untuk belanja sembarangan dan tidak digunakan untuk membeli rokok. Sebaiknya digunakan untuk membeli sembako ataupun ditabung dan dijadikan modal usaha," jelasnya.

Risman menambahkan, pada pencairan anggaran BLT-DD ditahap pertama ini, masing-masing KPM menerima bantuan dana sebesar Rp 900.000 dengan rincian Rp 300.000 per bulan.

"BLT-DD ini dianggarkan selama setahun dengan rincian dana yang diterima KPM Rp 300.000 per bulan. Hanya saja pencairannya itu bertahap. Bantuan seperti ini juga pernah disalurkan ditahun-tahun sebelumnya dimulai pada tahun 2019 lalu," tutupnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan