Bawaslu Bulukumba Akui Peran Penting Media Sukseskan Pemilu 2024

  • Bagikan
Foto: Kegaiatan Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Penetapam Hasil Pemilu. (mad)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba memastikan pemberian informasi secara masif terhadap setiap tahapan pesta demokrasi kepada masyarakat secara kredibel oleh media massa, menjadi salah satu faktor kesuksesan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu khususnya di Bulukumba. 

Hal tersebut disampaikan Anggota Bawaslu Bulukumba, Awaluddin dalam acara Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Penetapan Hasil Pemilu,  Jumat 5 April 2024.

Awaluddin menyebut, media massa sangat berperan penting dalam mengabarkan dan menyiarkan perkembangan tahapan pemilihan umum (pemilu) hingga seluruh proses pemilu dilaksanakan.

“Semua tahapan pemilu hampir selesai, tersisa beberapa yang berproses di Mahkamah Konstitusi. Media sebagai pilar demokrasi telah menjadi mitra kerja dengan penyelenggara pemilu, khususnya Bawaslu demi kesuksesan pemilu dan pilkada mendatang,” urainya.

Hal yang sama juga disampaikan Pegiat Pemilu HL. Arumahi. Dia mengapresiasi media yang menjadi mitra strategis dalam menyukseskan pemilu. Peran media, menurutnya, dapat dilihat dalam memberikan informasi yang objektif. 

Seperti dalam hal memantau pelaksanaan pemilu, media setidaknya sudah berperan aktif mengawasi pelaksanaan pemilu melalui pemberitaannya. Termasuk penegak keadilan jika terjadi pelanggaran dan kecurangan melalui pemberitaannya, menghadirkan diskusi politik, hingga mendorong partisipasi aktif pemilih menggunakan hak pilih. 

“Pemilu telah berlangsung aman, damai dan kondusif. Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu menyukseskan pemilu. Menyongsong pilkada serentak 2024, kita berharap juga dapat sukses dan kondusif,” pintanya. (mad/has/b)

  • Bagikan