MTsN 5 Bulukumba Penjaringan KSM Tingkat Madrasah 

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- MTs Negeri 5 Kabupaten Bulukumba menggelar Kompetsisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Madrasah diikuti sembilan peserta didik, berlangsung di Ruang Laboratorium Madrasah, Kamis, 18 April 2024.

Kepala MTsN 5 Kabupaten Bulukumba, Andi Nurmiah mengatakan KSM merupakan kompetisi sains atau olimpiade sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. KSM sendiri memiliki beberapa tingkatan penyelenggaraan mulai dari tingkat madrasah, berlanjut ke tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, serta yang tertinggi tingkat Nasional.

"MTsN 5 Bulukumba menyelanggarakan KSM tingkat madrasah dengan membuka tiga cabang lomba yang terdiri dari Matematika, IPA dan IPS. Masing-masing mapel diikuti tiga peserta didik," ungkapnya, Kamis, 18 April 2024.

Lebih lanjut ia menjelaskan KSM tingkat Madrasah ini merupakan ajang penyaringan peserta didik MTsN 5 Bulukumba yang memiliki kemampuan dan bakat untuk menjadi saintis.

"Kami adakan kegiatan mulai dari tingkat madrasah, tujuannya agar semua peserta didik yang memiliki minat untuk mengikuti kegiatan olimpiade dapat terakomodir. Setelah ini kita lihat hasilnya, bagi siswa yang berhasil meraih nilai tertinggi akan terpilih untuk mewakili madrasah dalam ajang KSM tingkat Kabupaten. Selain itu, bagi siswa/i yang sudah berkompetisi tapi belum berhasil melangkah ke tahap selanjutnya, maka akan diberikan pembinaan lebih intensif lagi agar dapat mengkuti KSM ditahun yang akan datang," tambahnya.

Ia juga menyampaikan KSM sendiri merupakan ajang tahunan yang rutin dilaksanakan. "Semoga peserta didik yang terpilih di madrasah nantinya bisa lolos di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan hingga Nasional," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan