Penuhi Stok Darah di Bulan Ramadan, PMI Selayar Gelar Aksi Donor Darah

  • Bagikan

SELAYAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - Guna memenuhi stok darah di Bulan Suci Ramadhan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kepulauan Selayar akan menggelar aksi donor darah di beberapa titik kota Benteng. pelaksanaan nantinya akan digelar di Kantor Polres Selayar pada (13/3/23), Balai Taman Nasional Takabonerate (14/3/23), Rutan Kelas IIB Selayar (15/3/23), Dinas Perhubungan(16/3/23) dan Kantor PLN ULP Selayar (17/03/23).

demikian diungkapkan Sekretaris PMI Kabupaten Kepulauan Selayar Ashaf Taufik kepada awak media pada Selasa (14/3/2023).

Dikemukakan, aksi ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan darah di UTDRS. Kh. Hayyung selama Bulan Ramadan, yang dimana seperti pengalaman sebelumnya saat bulan ramadan sangat susah mendapatkan pendonor. Hal ini disebabkan bahwa saat seseorang berpuasa dilarang untuk mendonorkan darah di siang hari.

“Semoga relawan donor darah dapat terpanggil hatinya untuk menyumbang darah di tempat dan waktu yang telah kami tentukan. Sehingga dapat memenuhi target kebutuhan darah selama Bulan Ramadan, sehingga bisa membantu masyarakat yang sedang membutuhkan darah nantinya di bulan suci.” ucapnya.

Ketua bidang Unit Transfusi Darah(UTD), dr Misnah,Mkes, SpPK (K) mengatakan bahwa antusias masyarakat masih sangat kurang untuk mendonor sehingga UTD membuka donor darah reguler yang di laksanakan tiap hari di UTD rumah sakit KH. Hayyung Selayar.

“Kami berharap dukungan masyarakat dengan kesediaan nya datang mendonorkan darahnya untuk mencukupkan kebutuhan darah selama bulan ramadhan, karena ada 80-100 kantong darah yang digunakan per bulannya dengan rata 2 gol darah O (40%,goda A 20-25%, B 18-20%, AB 5-7% ) namun 70-90 %, donor pengganti yang diambil darahnya pada saat ada yang butuh, hanya sekitar 3-10% yg donor sukarela. Jadi sangat jelas dipahami bahwa masih sangat kurang yang mau mendonor secara sukarela.” ungkap dr. Misnah. (*)

  • Bagikan