Petahana Masih Dominan di Dapil Sulsel 3, Pertarungan Keluarga Tak Terbendung

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pertarungan Sulsel 3 untuk DPR RI sangat ketat. Diprediksi, petahana masih mendominasi.

Hingga saat ini utak-atik bacaleg masih dilakukan di pusat. Pendatang baru akan membayangi petahana di internal parpol. Seperti, Petahana Gerindra, La Tinro Latunrung akan dibayangi Capt Andi Unru Baso (pengusaha kapal).

Juga dr Felicitas Tallulembang (anggota DPR RI periode 2014-2019) dan Basmin Mattayang (Bupati Luwu). Nama baru mencuat, yakni Bahrianto Bachtiar, TGUPP Pemprov Sulsel.

Ada pun jagoan Golkar Dapil Sulsel 3 di antaranya, Muhammad Fauzi, Muslimin Bando, Andi Fauziyah Hatta, John Rende Mangontan, Lakama Wiyaka, Irpan, serta Ny Yohanis Bassang.

Dari Nasdem ada pendatang baru. Figur lama dipastikan kembali seperti, Rusdi Masse, Eva Stevany Rataba, Hayarna Hakim, Lutfi Mutty, dan lainnya.

Sedangkan di PKB ada nama Irwan Hamid (anggota DPRD Sulsel), di PDIP akan mengandalkan petahana Sarce Bandaso Tandiasik, Demokrat Muhammad Dhevy Bijak (petahana), petahana PAN Mitra Fakhruddin, dan lainnya.

Partai baru seperti Gelora juga tak ingin kehilangan momentum. Partai besutan Anis Matta ini juga memasang jagoannya seperti Jafar Sodding. JS, singkatan Jafar, merupakan mantan anggota DPRD Makassar dan Sulsel masing-masing dua periode dari Fraksi PKS.

Selanjutnya, Gelora punya amunisi baru seperti Amru Saher (wakil Bupati Luwu 2013-2018), Abdullah Rahim (anggota DPRD Lutra 2009-2014, mantan calon wakil bupati Lutra), Irwan ST (anggota DPRD Makassar 2009-2019, Staf Khusus Gubernur Sulsel).

Ketua DPW PKS Sulsel Amri Arsyid mengaku telah mantap maju di Sulsel 3. "Mohon doanya, ya," katanya, kemarin.

Saat ini, PKS Sulsel hanya mendudukkan satu kadernya di Senayan, yaitu Andi Akmal Pasluddin dari Dapil Sulsel 2. Untuk Pemilu 2024, PKS Sulsel menargetkan empat kursi DPR RI. "Sulsel ditargetkan empat kursi, insyaallah," ungkapnya.

Ketua DPD Hanura Sulsel Amsal Sampetondok (AST) meyakinkan diri maju sebagai caleg DPR RI Dapil Sulsel 3. Dengan memiliki jaringan bisnis, organisasi, keluarga, dan simpul-simpul pemenangan yang militan dan masif menjadi tolak ukur mendapatkan suara terbanyak. “Kami realistis atas pencapaian nanti (terbanyak),” ungkap Amsal.

Sosok AST tidak asing lagi bagi masyarakat Sulsel, terutama daerah yang menjadi basis suara pada Pileg 2024 mendatang. Selain purnawirawan TNI AD, ia juga berkecimpung dalam bisnis hotel, mulai dari Makassar, Malino, Palopo, hingga Jakarta. “Wattunnami’ (saatnya) berjuang untuk rakyat,” jelasnya.

Pertarungan Keluarga

Tak hanya ketua partai, sejumlah figur potensial lainnya yang disebut akan maju mengincar kursi di dapil itu. Di antaranya, Bupati Enrekang Muslimin Bando dan anggota DPRD Sulsel dari Fraksi PPP Rismayanti.

Persaingan antarkeluarga itu melibatkan ayah dan anak kandung dengan partai yang berbeda diprediksi terjadi. Jika masuk daftar caleg sementara (DCS), Muslimin akan berhadapan dengan anaknya, Mitra Fakhrudin yang merupakan petahana dari Fraksi PAN.

Di internal Golkar, MB singkatan dari Muslimin Bando bisa menjadi ancaman bagi petahana Muhammad Fauzi. "Saya akan maju di DPR RI. Bukan berarti mau menggeser anak saya. Tetapi suara di Enrekang ini ada sekitar 120 ribu, kalau saya bagi dua, bisa duduk dua kursi," ujar Muslimin Bando pada Muswil Muhammadiyah Sulsel, lalu. (fajar)

  • Bagikan