Warga Dusun Tonjo Desa Kayu Bauk Sholat Idul Adha di Mesjid Ar-Rahman

  • Bagikan

SELAYAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - Warga Dusun Tonjo Desa Kayu Bauk Kecamatan Bontomatene Kepulauan Selayar, melaksanakan Sholat Idul Adha 1444 H/2023 M di Mesjid Ar Rahman, Rabu (28/6).

Dari pantauan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Kepala Desa Kayu Bauk Rizal Andzari bertindak sebagai khotib sekaligus menjadi imam pada pelaksanaan Sholat Idul qurban tersebut.

Kendati sempat gerimis, namun tidak menyurutkan semangat warga untuk datang ke lokasi pelaksanaan Sholat Idha. Sejak pukul 06.00 warga sudah berbondong-bondong ke Mesjid Ar Rahman hingga sholat Idul Adha dimulai pukul 07.00 wita.

Kades Kayu Bauk Rizal Andzari dalam ceramahnya menyampaikan, meski diberi kemampuan untuk berqurban, namun sejatinya tidak melupakan untuk melaksanakan ibadah-ibadah sosial lainnya.

Dari beberapa ceramah yang disampaikan, Rizal Andzari menyimpulkan beberapa poin penting menyangkut ibadah haji dan ibadah qurban sebagai bagian yang tidak terpisahkan.

Dirinya mengemukakan, barang siapa yang telah diberikan kemampuan untuk berqurban maka hendaklah berqurban, baik secara pribadi maupun secara bersama-sama dengan keluarga maupun dengan orang lain.

Kemudian terkait dengan ibadah haji yang dilaksanakan dirinya mengatakan, bahwa ibadah haji merupakan salah satu tuntunan atau perintah dari Allah SWT bagi orang yang mampu, sebagaimana Allah janjikan bahwa haji mabrur yang diterima balasannya adalah surga.

"Ibadah qurban yang kita dilaksanakan tidak hanya sekedar menyembelih hewan qurban, tetapi yang lebih penting dari pada itu adalah membuang sifat-sifat hewaniah atau sifat-sifat buruk dalam diri kita bersamaan dengan penyembelihan hewan qurban," ucapnya.

"Mudah-mudahan Allah SWT memampukan kita semua untuk melaksanakan ibadah haji dan ibadah qurban bukan hanya di tahun ini, tetapi juga di tahun-tahun yang akan datang," tutup Rizal Andzari.

Momen yang hanya sekali dalam setahun ini, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban pada lokasi yang telah ditentukan sebelumnya. Hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi terkait jumlah hewan qurban yang akan disembelih. (Firman)

  • Bagikan