SDN 175 Bulo-bulo Terapkan Program Literasi di Sekolah

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SDN 175 Bulo-bulo Kabupaten Bulukumba menerapkan program literasi di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Rabu pagi dengan melibatkan seluruh siswa, guru dan staf.

Kepala SDN 175 Bul-bulo Bulukumba, Erniati mengatakan, berbagai cara dapat dilakukan seorang pendidik dalam menumbuhkan semangat kepada siswa untuk belajar. Siswa sekolah dasar harus menguasai tiga aspek dasar seperti  membaca, menulis dan berhitung.

"Aspek dasar terpenting dari pembelajaran siswa adalah literasi atau membaca," ungkapnya, Rabu 26 Juli 2023.

Program literasi membaca ini, lanjut Erniati merupakan ide dan inovasi baru yang baru diterapkan pekan ini. Agar kegiatan literasi bervariasi dan siswa dapat memupuk rasa cinta membaca sejak dini melalui di lingkungan sekitar siswa.

Metode literasi ini sendiri merupakan kegiatan membaca bersama seluruh siswa, guru, dan staf di halaman sekolah. Membaca dalam hati dari buku fiksi yang ada di pojok baca kelas atau membawa buku dari rumah. Siswa diminta membawa alat tulis untuk mencatat hal-hal penting saat siswa lainnya membaca di depan.

"Giat ini menjadi langkah awal untuk menumbuhkembangkan minat baca anak bagaimana mereka mencintai buku yang pada akhirnya akan menjadi sebuah pembiasaan sekaligus budaya positif bagi SD Negeri 175 Bulo-bulo. Kami berharap program literasi di sekolah dilakukan terus menerus sehingga minat baca siswa dapat ditingkatkan lebih baik," tutupnya. (rls)

  • Bagikan