Pawai Ta’aruf Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam di Pinrang

  • Bagikan

PINRANG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Lebih 100 kelompok peserta Pawai Ta’aruf memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 19 Juli 2023 berdasarkan kalender masehi dan tanggal 1 Muharram 1445 Hijriyah berdasarkan kalender Hijriah. Peserta berasal dari 12 kecamatan terdiri dari kelompok TK/TPA, SD, SMP/MTS, Pesantren, MAN, SMA dan SMK. Tema pawai ta’aruf tahun ini adalah “Melalui momemtum Muharram kita tingkatkan solidaritas dan persaudaraan menuju keimanan masyarakat yang lebih baik”.

Rombongan pawai menempuh perjalan sekitar 5 kilometer, memulai perjalanan dari Lasinrang Park Pinrang melewati jalan Sultan Hasanuddin dan kemudian melewati jalan Pettana Rajeng. Rombongan sudah ditunggu oleh  Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, S.Sos beserta jajarannya di Jalan Rappang tepat depan rumah jabatan Bupati Pinrang, dan rombongan memberikan penghormatan kepada Bupati Pinrang. Setelah itu rombongan melanjutkan perjalanan melewati jalan Sultan Hasanuddin mengikuti rute ke jalan Murtala Barat dan Pattimura sampai kemudian rombongan finis kembali di Lasinrang Park.  

Anak-anak sekolah yang ikut dalam pawai turut bergembira dan berjalan bergandengan tangan dengan temannya sambil melambaikan tangan ke arah penonton yang berjejer di pinggir jalan. . Disampingnya orang tua ikut mendampingi bagi anak TK/TPA. Bagian belakang turut guru yang dipercayakan mendampingi peserta didiknya. Di sela rombongan pawai selalu ada bagian konsumsi yang menenteng minuman sebagai antisipasi peserta yang kehausan setelah berjalan sekian kilo rute pawai. Selain itu rombongan dimeriahkan dengan musik patrol membuat suasana pawai semakin bersemangat. 

Tak kalah meriahnya adalah kostum dan aksesori yang dipakai peserta pawai. Ada yang memakai pakaian gamis dan sorban ala padang pasir. Peserta perempuan menggunakan busana muslimah dan ada juga yang mengenakan pakaian adat yang disesuaikan dengan suasana acara Islam. Assesoris seperti miniatur Ka’bah dan unta, makanan kurma serta spanduk, dan tulisan huruf hijahiyah yang diangkat tinggi-tinggi peserta pawai dan disertai iringan musik padang pasir serasa seperti suasana perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW yang selama ini tergambarkan dari beberapa sejarah hijrah beliau. Meskipun perbedaannya sangat jauh tapi semangat untuk melakukan perjalanan menuju ke yang lebih baik dapat terasa.

Kepala UPT SD 8 Pinrang, Abrar Usman yang turut mendampingi peserta didiknya menjelaskan jika perayaan Tahun Baru Islam kali ini lebih banyak yang berpartisipasi mewakili sekolahnya dibanding tahun lalu. Sekitar 1005 orang yang ikut dalam rombongan kelompok UPT SD 8 Pinrang yang terdiri dari orang tua/wali murid, komite, para guru dan seluruh murid mulai kelas 1 sampai kelas 6. Selain itu orang tua siswa dan komite berinisiatif menggalang dana untuk membuat berbagai assesoris seperti miniatur Ka’bah, unta, kurma, dan air zam zam.  Abrar berharap dengan kegiatan Pawai taaruf ini dapat meningkatkan semangat solidaritas dan persaudaraan. (daya)

  • Bagikan