Dekranasda Sinjai Tampilkan Produk Lokal. Pj Gubernur: Sinjai Memang Hebat

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sinjai menampilkan beraneka macam produk lokal dan hasil kerajinan tangan pada peringatan Hari Ulang Tahun Sulawesi Selatan (HUT Sulsel) Ke-354.

Produk lokal Sinjai yang ditampilkan pada stand pameran UMKM HUT Sulsel tahun ini, yakni olahan makanan dan minuman khas, serta aneka kerajinan tangan tas dan aksesoris yang dapat digunakan sehari-hari.

Saat ditemui pada pembukaan rangkaian peringatan HUT Sulsel, Rabu, 18 Oktober 2023 malam.

Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Sinjai, Cut Resmiati menjelaskan bahwa produk ataupun kerajinan tangan yang ditampilkan tersebut merupakan hasil karya masyarakat Sinjai.

“Ini murni buatan masyarakat Sinjai yang merupakan para pengrajin binaan Dinas Perindag dan tim dari Dekranasda. Kita sangat harapkan produk UMKM bisa diangkat di Sulsel dan bahkan di seluruh Indonesia untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,” ucapnya.

Namun, hal yang harus diperhatikan kata Cut, adalah pemasaran sehingga produk hasil karya pelaku UMKM Sinjai ini dapat dikenal luas oleh khalayak umum.

“Selain di momentum HUT Sulsel ini, kita juga memasarkan produk dengan memanfaatkan platform digital, sehingga pelaku usaha bisa menjual produknya secara online,” tambahnya.

Produk hasil karya pelaku usaha Sinjai ini menyita perhatian Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

Saat mengunjungi stand UMKM Sinjai bersama Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Pj Gubernur mengakui kehebatan dan keunikan hasil kerajinan tangan dari daerah berjuluk Bumi Panrita Kitta.

“Sinjai memang hebat. Namun yang harus menjadi perhatian, bahwa produk ini harus dibuat dengan skala besar dan berkelanjutan. Harus dicarikan pasar untuk bisa dijual ke luar daerah,” ujarnya. (mul/has/B)

  • Bagikan